Copyrights @ ZIDNIKLOPEDIA 2014. Designed By Templateism.com - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Spesies Orang yang Ada di Twitter

Buat kalian semua yang punya kehidupan maupun tidak punya kehidupan lain selain melototin timeline Twitter doang pastinya sangat mengenal berbagai jenis spesies orang yang ada di Twitter. MBDC ngefollow banyak orang dan dari penelitian ini, akhirnya kami menemukan spesies-spesies yang baru dan langka dari orang-orang yang bermain Twitter.
Semua spesies temuan MBDC ini adalah hasil observasi dan melihat-lihat berbagai jenis timeline yang ada. Kalau kamu adalah salah satunya yang terdapat di list spesies bawah ini, jangan tersinggung ataupun marah, tapi cobalah berkaca dan refleksi diri, apakah Twitter sudah pantas untuk kamu.
ps: Ini adalah bagian pertama dari seri 7 Spesies yang Ada di Twitter.

#1 RT Abuser

RT abuser
Spesies ini adalah yang paling gampang dikenali dan pastinya sangat menonjol. Buat sebagian orang sudah dianggap menggangu seperti parasit dan harus dibasmi dengan segala cara.  Modus operandinya adalah dengan meretweet setiap percakapan yang terjadi di Twitter supaya semua followersnya tau kalau saat itu dia sedang galau atau kebelet boker. Bisa juga dibilang semacam haus perhatian atau banci tampil versi digital.
RT Abuser ini terbagi lagi menjadi beberapa sub-spesies:
  1. Pujian Retweeter: setiap tweet yang berisi pujian pasti di retweet supaya orang tau imagenya dia dimata orang lain adalah bagus. Biasanya banyak artis yang termasuk golongan sub-spesies ini.
  2. Selebtwit Mention Retweeter: spesies ini biasanya paling anti dengan percakapan gak relevan yang diretweet ke semua orang. Tapi sekalinya dapet mention atau balasan dari selebtwit (bisa termasuk artis ataupun jagoan Twitter lainnya).
  3. Hoax Retweeter: spesies ini biasanya paling kenceng dan nomor satu kalo urusan retweet berita-berita heboh yang belum tentu bener. Sumber beritanya biasanya adalah dari BBM broadcast message ataupun tweet orang lain. Tanpa mikir panjang langsung aja di retweet sehingga membuat heboh. Saran MBDC untuk Hoax Retweeter: Google before Tweet.
#2 Seleb Twitter 
seleb twitter
Seleb Twitter ini adalah spesies manusia Twitter yang lumayan dikenal oleh banyak orang lainnya, dan pastinya jumlah followersnya harus banyak.  Spesies ini terbagi lagi jadi 2 jenis yaitu orang yang emang di kehidupan aslinya sudah terkenal seperti pejabat, tokoh-tokoh maupun selebriti maupun orang yang awalnya tidak ada yang kenal sebelum dia main Twitter.
Untuk yang tipe pertama (selebriti cs) itu sudah tidak usah ditanya lagi kenapa bisa menjadi seleb twitter. Tapi yang menarik untuk dilihat adalah bagaimana seseorang bisa menjadi seleb twitter, padahal di kehidupan aslinya mungkin biasa-biasa saja?
Apabila kamu terobsesi untuk menjadi seorang seleb Twitter, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:
  1. Jangan punya kehidupan. Kamu harus mendedikasikan hidup kamu sebagian besar di Twitter supaya bisa tahu apa yang sedang in atau out di Twitter.
  2. Lontarkan tweet-tweet yang mengandung point khusus seperti sarkasme, anti mainstream, anti-Tif tweet, tweet bahasa Inggris campur Indonesia, dll.
  3. Rajin-rajinlah mention ataupun retweet seleb Twitter yang sudah terkenal, siapa tau suatu saat kamu ketiban durian runtuh: di mention balik oleh Seleb Twitter. Apabila hal ini kejadian, lihat point #1 tulisan ini.
  4. Inget pepatah: Bermention-mention dahulu, diretweet kemudian! Apabila ada orang biasa yang mulai menjadi fans kamu, jangan langsung selalu retweet tweet dia yang bersifat pujian ke kamu. Masalah RT ini harus sedikit jual mahal, sehingga orang akan merasa spesial kalau sekalinya di RT ama kamu.
  5. Ikutlah berpartisipasi dalam # (hashtag) yang penting-penting supaya followers kamu juga tau kalau kamu emang eksis alias gaul di Twitter.
  6. Usahakan jumlah following kamu tidak melebihi jumlah followers kamu. Ini supaya menimbulkan ilusi angka followers lebih besar apabila orang melihat bio kamu.
  7. Setiap hari Jumat jangan lupa untuk minta #FF (follow Friday) sama temen kamu yang followersnya lebih banyak. Jangan minta ama yang lebih dikit, karena percuma saja.
Kembali lagi ke Spesies Orang yang Ada di Twitter. Sebelumnya, kita sudah bahas tentang RT abuser dan Seleb Twitter. Kali ini, kita akan lanjut lagi tentang spesies-spesies yang hanya akan kamu temukan di Twitter.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, MBDC ngefollow banyak orang dan dari penelitian ini, akhirnya kami menemukan spesies-spesies yang baru dan langka dari orang-orang yang bermain Twitter.
Semua spesies temuan MBDC ini adalah hasil observasi dan melihat-lihat berbagai jenis timeline yang ada. Kalau kamu adalah salah satunya yang terdapat di list spesies bawah ini, jangan tersinggung ataupun marah, tapi cobalah berkaca dan refleksi diri, apakah Twitter sudah pantas untuk kamu.
ps: Ini adalah bagian kedua dari seri Spesies Orang yang Ada di Twitter.

#3 Kultwiters

Spesies ini masih misterius. Entah emang jago dari sananya ato cuma jago copy paste dari Wikipedia, tapi yang pasti sering banget bikin tweet berseri alias kultwit (kuliah twitter).
Setiap moment pasti ada aja yang bisa di kultwitin, misalnya hari ini adalah 17 Agustusan, maka dia akan kultwit sesuatu yang berhubungan dengan sejarah. Atau lagi ada serangan ulet bulu, mendadak timeline kita dipenuhi dengan gimana cara ulet bulu berkembang biak.
Buat kamu yang seneng baca dan pengetahuan, spesies Kultwiters ini bisa bermanfaat buat timeline kamu.
Tapi buat orang lain yang sudah sadar bahwa di internet ini ada sesuatu yang bernama BLOG, para Kultwiters ini dianggap menggangu. Kenapa juga musti ribet-ribet ngajarin orang lain tentang sesuatu pake Twitter, cuma kebates 140 karakter doang sekali nulis, udah gitu dinomerin segala Tweetnya.
Mending kalo nomornya ngurut terus, kadang udah diatas 20 udah mabok juga tuh yang nulis sehingga nomornya sering jadi ngacak dan malah bikin repot sendiri karena musti ngejawab2in tweet yang ngasih tau kalau nomornya ngacak dan akhirnya dia jagi gak konsen lagi untuk ngultwitin dan isinya malah jadi ngaco.
Yang lebih parah lagi adalah adalah kalau spesies ini sedang beraksi dengan kultwit 100 seri dan semuanya pake Twit Longer. Malesbanget kan tuh bacanya?!
Batas toleransi yang MBDC pelajari selama ini adalah maksimum kultwit sampai 10 seri dan isinya harus menarik. Selain itu mendingan ngeblog terus linknya di tweet aja deh…

#4 Pembawa Energi Negatif

Energi Negatif
Salah satu contoh twit berenergi negatif di pagi hari
Spesies ini bisa muncul dimana-mana dan kadang tidak kenal musim. Dari urusan Nurdin Halid sampai urusan Ariel pasti ngetweetnya hal-hal yang negatif.  Tata bahasanya bisa kasar dan kerjanya marah-marah doang. Kalo enggak ngeluh mengenai SBY, mengenai macetnya Jakarta atau koneksi internet yang ngadat rasanya belum puas.
Spesies ini biasanya juga seneng RT tweet headline-headline berita sambil ditambahin ini itu yang maksudnya lucu tapi kadang-kadang malah nyebelin. Begitu ada berita negatif, biasanya dia langsung paling cepet kasih komentar.
Kalau dia cuma ngeluh sendiri masih mending, yang lebih parahnya lagi kalau udah ampe mention segala cuma buat mancing keributan dan akhirnya jadi rame. Siasatnya spesies ini adalah apabila dia sedang diskusi dengan orang lain, jawaban orang itu di RT sehingga dia bisa dibackup oleh followersnya untuk nyerang orang tersebut.
Saran MBDC untuk menghadapi tipe spesies ini: klik bagian block this user.
Kembali lagi ke Spesies Orang yang Ada di Twitter! Kali ini kita bakal membahas tentang Grammar Nazi, Banci Twitter, dan Social Media Expert.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, MBDC ngefollow banyak orang dan dari penelitian ini, akhirnya kami menemukan spesies-spesies yang baru dan langka dari orang-orang yang bermain Twitter.
Semua spesies temuan MBDC ini adalah hasil observasi dan melihat-lihat berbagai jenis timeline yang ada. Kalau kamu adalah salah satunya yang terdapat di list spesies bawah ini, jangan tersinggung ataupun marah, tapi cobalah berkaca dan refleksi diri, apakah Twitter sudah pantas untuk kamu.
ps: Ini adalah bagian terakhir dari seri Spesies Orang yang Ada di Twitter. Kelewatan dua episode sebelumnya? Silakan liat di sini dan di sini.

#5 Grammar Nazi

Dari namanya kamu pasti sudah bisa menebak jenis spesies apa ini. Ya benar! Spesies yang bersifat Nazi dan spesialis menyerang di bagian gramatik. Biasanya spesies ini paling seneng kalo orang udah salah gramatik, langsung deh di mention sambil dikoreksi plusssss tambahannya, bisa diketawain, dicengin, dan lain-lain.
Spesies ini tidak hanya menyerang tweet berbahasa Inggris, tapi juga tweet berbahasa Indonesia. Intinya semua harus sesuai dengan gramatik, semantik dan tik tik lainnya dengan baik dan benar.
Hmm, MBDC jadi mikir, kalau waktu jaman dulu sudah ada Twitter, apakah JS Badudu (pengarang Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah jenis spesies ini?
Peringatan MBDC: Hati-hati, Grammar Nazi bisa ada dimanapun, bahkan follower terdekat kamu sekalipun!

#6 Banci Twitter

Spesies ini bukanlah jenis hermaprodit ataupun mempunyai kelamin ganda, tapi maksudnya adalah kapan pun kamu sedang melihat timeline, maka disitu pasti ada tweet-tweetnya dia lagi nongol.
Spesies ini tidak jelas kapan waktu tidur ataupun waktu beraktivitasnya. Semua terlihat sama di Twitter (kecuali kalau dia jenis yang oversharing, alias share segala hal).
Kalau kita melihat bio spesies ini, mereka tidak peduli jengan jumlah followers atau apapun, terlihat dari jumlah angka updatesnya yang sangat tinggi jauh melampaui angka followers ataupun followingnya.
Intinya, mau terjadi kekeringan plus banjir ataupun negara diserang alien, selama masih ada koneksi internet dan Twitter berfungsi dengan baik, mereka akan hidup.
#7 Social Media Expert
Spesies ini paling gampang dikenali, tinggal buka bionya dan disitu ada tertulis social media expert atau sejenisnya.
Mereka merasa sangat jago ngetwit sehingga mencangkan dirinya seperti itu. Biasanya spesies ini tweet hal-hal yang berhubungan dengan online user statistic, user behaviour dan lainnya dan mengajarkan kepada sesama pengguna twitter mengenai hal itu.
Apakah benar spesies ini emang ahlinya sosial media, tidak ada yang pernah tahu…

0 komentar:

Posting Komentar