Copyrights @ ZIDNIKLOPEDIA 2014. Designed By Templateism.com - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Setting Email Client Gmail di Handphone

Setting Email Client Gmail di Handphone ---Semakin majunya teknologi sudah seharusnya semakin membuat hidup kita makin mudah. Mobilitas yang tinggi selayaknya tidak lagi menjadi kendala untuk tetap online dengan jaringan teman di dunia maya. Tapi apakah bisa lebih murah? Belum tentu, banyak operator maupun layanan setingkat RIM-pun terkadang menawarkan harga yang terkesan murah, padahal mahal banget jika kita sandingkan dengan aspek fleksibelitas maupun hasil layanannya.

Berdasarkan itu, pada post sebelumnya saya sudah memperkenalkan Blogging on Mobile yang saya koneksikan dengan Blog Iskaruji dot com ini. tujuan utamanya tidak lain adalah sebagai update status layaknya di facebook ataupun ngetwit layaknya twitter. Bedanya ini saya praktekkan di sebuah blog.

Banyak hal yang harus dijelaskan tentang cara saya melakukan aktifitas blogging on mobile. Secara step by step saya akan memulainya dengan Setting Email Client Gmail di Hanphone, yang merupakan tehnik yang saya terapkan untuk blogging on mobile.

Handset Yang Mendukung
Pastikan sobat memiliki sebuah handphone yang mendukung fasilitas email client. Dan tentunya bisa terhubung dengan dunia maya baik melalui sambungan GPRS, EDGE, HSDPA ataupun lainnya. Fasilitas ini sebenarnya banyak diakomodasi oleh tipe handphone midend berbasis java maupun symbian. Tapi sayangnya, tidak semua pengguna handphone menggunakan fasilitas tersebut karena lebih mementingkan style ketimbang fungsinya.

Setting di akun gmail
Sengaja mengangkat judul Setting Email Client Gmail di Hanphone karena rata-rata blogger akan memiliki akun gmail. Yang artinya tidak perlu lagi membuat sebuah akun email hanya untuk menggunakan fasilitas ini. Dan akun gmail sudah di set "POP is enabled" bagi setiap pemilik gmail sejak 12 September 2010 lalu. Jika gmail sobat jauh sebelum itu maka aktifkan sendiri dengan mencentang "Enable POP3" pada "Forwarding and POP/IMAP"

Setting Email Client Gmail di Hanphone
Setting Email Client pada Handphone
Setiap handphone memiliki perbedaan menu yang disajikan untuk Setting Email Client Gmail-nya. Namun secara keseluruhan memiliki kesamaan dalam pengaturannya. Secara umum bisa melakukan pengaturan berikut:
  • Alamat email: emailkamu@gmail.com
  • Username: emailkamu@gmail.com
  • Password: Password akun gamil sobat
  • Incoming Mail Server:pop.gmail.com
  • Outgoing Mail Server:smtp.gmail.com
  • Akses Point yang digunakan: Pilih APN yang kamu gunakan. Tergantung profile internet dan operator yang ada di handphone sobat.
  • Sambungan Incoming Mail Server: SSL/Port 995
  • Sambungan Outgoing Mail Server: TLS/port 587
  • Mailbox Name: Gmail atau sembarang
  • Mailbox Type: POP3
Isian pengaturan diatas hanya untuk Setting koneksi Email Client Gmail. Dengan pengaturan tersebut, kita sudah bisa menerima dan mengirim email beserta attachment-nya, update status facebook, upload ke youtube, update blog dan banyak lagi melalui handphone. Untuk pengaturan lanjut yang berkaitan dengan personalisasi bisa dilihat di masing-masing fitur email client di setiap handphone.

Kelebihan menggunakan fitur Email Client Gmail
Sebagai tambahan, untuk setiap kali update blog di Blogging On Mobile, saya cuma menghabiskan 35-50 kB. Jika harga 1 kB=Rp 1,- artinya saya cuma menghabiskan uang sekitar Rp50. Bagimana jika saya berlangganan paket internet ber-volume? tentunya lebih murah lagi. Bandingkan dengan harga standar untuk berkirim satu SMS yang hanya bisa dibaca satu orang dan hanya berupa teks tanpa gambar seperti pada Blogging On Mobile.

Demikianlah tips ini, moga bermanfaat bagi semua. Mari kita gunakan teknologi sebagai kebutuhan hidup dan bukan untuk gaya hidup.

Happy Blogging!

Info lebih banyak, baca juga di:
http://mail.google.com/support/bin/answer.py?answer=13287
By          :Iskaruji dot com

0 komentar:

Posting Komentar