Copyrights @ ZIDNIKLOPEDIA 2014. Designed By Templateism.com - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

5 JALUR KERETA TERPANJANG DI DUNIA

rel-kereta
Kereta merupakan salah satu alat transportasi favorit masyarakat dunia. Angkutan ini kerap kali menyuguhkan pemandangan yang indah, sesuatu yang belum tentu mampu disuguhkan oleh alat transportasi lainnya. Berbicara tentang kereta, pasti juga berbicara tentang rel kereta. Berikut ini negara-negara di dunia yang memiliki jalur kereta terpanjang yang dikutip dari berjambang.blogspot.com
1. Amerika Serikat – 226.427 Km pada 2007
 
Di urutan pertama, hadir Amerika Serikat yang pada 2007 memiliki 226.427 Km jalur rel. Pada masa lalu, jalur kereta di Negeri Paman Sam ini pernah mencapai 408.833 Km. Umumnya, kereta api di Amerika Serikat digunakan untuk angkutan barang. Dalam hal ini, ada 650 operator kereta barang yang pada tahun 2005 tercatat telah membawa hingga 1,5 milyar Ton-Mil barang. Adapun untuk melayani masyarakat yang ingin berpergian melintasi benua, dilayani oleh Amtrak, sebuah perusahaan nasional untuk kereta penumpang. Sedangkan kereta dalam kota, hanya tersedia di beberapa lusin area metropolitan. Meskipun begitu, jalur ini tidak terhubung satu sama lain sehingga tidak bisa digunakan untuk melintasi benua Amerika.
2. Rusia – 128.000 Km pada 2006
 
Rusia berada di urutan kedua yang pada 2006 memiliki 128 ribu Km jalur rel kereta api. Kereta api di Negara Beruang Merah ini dikelola oleh Russian Railways dan merupakan salah satu penopang perekonomian Rusia. Pada 2007, kereta api di rusia telah mengangkut 1,3 triliun penumpang dan 1,3 triliun ton barang. Pada tahun yang sama, industri kereta api rusia memiliki 19.700 lokomotif, 24.200 kereta penumpang, dan 526.900 kereta barang. Pada 2009, Rusia memiliki 86 ribu Km jalur kereta api untuk angkutan umum. Dari jumlah tersebut, setengahnya bisa dilalui oleh kereta listrik dan sebagian besar lalu lintas kereta yang 40 persen lebih di antaranya telah double-track, atau lebih.
3. China – 91.000 Km pada 2010
 
 
Transportasi kereta api adalah alat transportasi yang paling umum digunakan untuk perjalanan jarak jauh di China dan dikelola oleh Chinese Railway. Seluruh operasi kereta api dipegang oleh Kementerian Kereta Api yang merupakan bagian dari Dewan Negara Republik Rakyat China. Pada akhir 2010, total jangkauan jalur kereta api di Negara Tirai Bambu tersebut mencapai 91 ribu Km yang membuatnya menjadi negara ketiga jalur kereta api terpanjang di dunia. Pada 2009, Chinese Railway memiliki 603.082 kereta angkut barang, 49.355 kereta penumpang, dan 18.922 lokomotif. Dengan jumlah tersebut, terdapat 38 ribu kereta harian di China dengan 3.500 kereta penumpang di dalamnya. Pada 2008, Chinese State Council menyetujui 292 milyar Dollar Amerika untuk investasi rel kereta api hingga 2020. Ditargetkan, pada 2012 jalur kereta api negara ini mampu mencapai 110 ribu Km.

4. India – 64.215 Km pada 2011
 
 
Seluruh operasi kereta api di India ditangani oleh organisasi yang dimiliki negara, yaitu Indian Railways. Dengan rel kereta api yang memiliki panjang hingga 64.215 Km ini, Indian Railways mengelola kereta api dengan jalur terpanjang keempat di dunia. Setiap tahunnya, Indian Railways melayani 6 milyar penumpang dan lebih dari 350 juta ton barang yang melintasi 28 negara bagian dan daerah wilayah perserikatan. Indian Railways juga memberika pelayanan terbatas untuk Nepal, Bangladesh, dan Pakistan. Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya. Kereta api sendiri mulai diperkenalkan di India pada 1853 dan terus berkembang ketika Negara Hindustan tersebut meraih kemerdekaannya pada 1947.
5. Kanada – 57.216 pada 2007
 
 
Kanada telah mengembangkan sistem kereta api yang baik dan besar sehingga saat ini menjadi transportasi pengangkut utama. Ada 2 perusahaan utama yang memilki sistem transportasi angkutan lintas benua, yaitu Canadian National dan Canadian Pacific Railway. Adapun layanan untuk penumpang, disediakan oleh perusahaan mahkota federal, Via Rail. Tiga kota di kanada memiliki layanan kereta api komuter, yaitu Montreal yang dikelola oleh Agence métropolitaine de transport, Toronto yang dikelola oleh GO Transit, dan Vancouver yang dikelola oleh West Coast Express. Dengan panjang jalur mencapai 57.216, Kanda merupakan negara kelima yang memiliki jalur kereta terpanjang di dunia. Adapun 129 Km jalur mampu digunakan untuk kereta api listrik.

10 PEMIMPIN NEGARA DENGAN FOLLOWER TWITTER TERBANYAK

President-Twitter-700x352
Emang dijaman sekarang ini Twitter udah jadi bagian penting dalam kehidupan. Ndak cuman jadi alat buat berinteraksi dengan teman-teman sekitar, twitter juga udah banyak dimanfaatkan untuk banyak hal yang lebih luas lagi, misal promosi produk, sampai-sampai pemimpin negara aja udah banyak yang mulai memanfaatkan twitter ini untuk berinteraksi dengan warganya.
Nah ngomongin masalah presiden yang punya akun twitter #Spesial10 kali ini bakalan membaut daftar akun pemimpin negara yang punya paling banyak follower di Twitter. Penasaran, langsung aja ini selengkapnya yang dikutip dari ngonoo.com

10. Dilma Rousseff (Brasil)

Brasil

9. Ð”митрий Медведев (Rusia)

Rusia

8. Juan Manuel Santos (Kolombia)

kolombia

7. Enrique Peña Nieto (Meksiko)

Meksiko

6. HH Sheikh Mohammed (Uni Emirat Arab)

UEA

5. Cristina Kirchner (Argentina)

Argentina

4. Rania Al Abdullah (Yordania)

Jordania

3. Abdullah Gül (Turki)

Turki

2. Susilo Bambang Yudhoyono (Indonesia)

Indonesia

1. Barrack Obama (Amerika Serikat)

Barrack Obama

Sejarah Legenda Naga Cina dan Penampakannya

Naga, makhluk mitologi paling terkenal di dunia. Seluruh dunia memiliki legendanya masing-masing. Namun tidak bisa disangkal kalau Naga dari legenda Cina adalah yang paling menarik. Mungkinkah makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk dan memiliki cakar itu benar-benar ada?

Di Eropa, naga selalu dilambangkan sebagai makhluk yang jahat. Namun, bagi masyarakat Cina, naga melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Begitu besarnya penghormatan bangsa Cina kepada makhluk ini sehingga kaisar-kaisar yang gagah perkasa dengan bangga mengenakan gambar naga sebagai simbol mereka.

Bagi bangsa Cina, naga adalah salah satu dari empat makhluk spiritual yang mendapat penghormatan tertinggi. Tiga makhluk lainnya adalah Phoenix, Qilin (Kirin) dan Kura-kura. Namun diantara semuanya, naga adalah yang paling perkasa.

Karakteristik Naga dan angka 9
Di dalam mitologi Cina, naga memiliki kaitan yang sangat erat dengan angka "9". Misalnya, Naga Cina sesungguhnya memiliki 9 karakteristik yang merupakan kombinasi dari makhluk-makhluk lainnya.
  1. Ia memiliki kepala seperti unta
  2. Sisiknya seperti ikan
  3. Tanduknya seperti rusa
  4. Matanya seperti siluman
  5. Telinganya seperti lembu
  6. Lehernya seperti ular
  7. Perutnya seperti tiram
  8. Telapak kakinya seperti harimau
  9. Dan Cakarnya seperti rajawali.
Selain 9 karakteristik itu, naga di dalam mitologi Cina disebut memiliki 9 orang anak yang juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ia juga memiliki 117 sisik. 81 diantaranya memiliki karakter Yang (Positif) dan 36 lainnya memiliki karakter Yin (Negatif).

Pada umumnya, naga Cina memiliki tiga atau empat cakar di masing-masing kaki. Namun kerajaan Cina menggunakan lambang naga dengan lima cakar untuk menunjukkan kalau sang Kaisar bukan naga biasa. Lambang ini kemudian menjadi lambang ekslusif yang hanya boleh digunakan oleh sang kaisar. Siapapun yang berani menggunakan lambang naga dengan 5 cakar akan segera dihukum mati.

Empat Jenis Naga
Dalam literatur Cina, paling tidak ditemukan lebih dari 100 nama naga yang berbeda-beda. Namun, untuk mudahnya, Naga Cina biasanya hanya digolongkan ke dalam empat jenis, yaitu:
  1. Tien Lung atau Naga Langit yang bertugas menjaga istana para dewa.
  2. Shen Lung atau Naga Spiritual yang berkuasa atas angin dan hujan
  3. Ti Lung atau Naga Bumi yang berkuasa atas air di permukaan bumi
  4. Fucang Lung atau Naga dunia bawah bumi yang bertugas menjaga harta karun yang ada di dalamnya.
Empat jenis naga tersebut mungkin berbau spiritual, tetapi seperti yang saya katakan di atas, masih ada sekitar 100 nama naga lainnya. Dari sekitar 100 nama ini, terlihat kalau Naga Cina sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan makhluk spiritual. Bisa jadi, naga tersebut adalah hewan yang memiliki fisik yang nyata. Karena itu, kita harus memisahkan antara Naga Spiritual dengan Naga sebagai hewan yang nyata.

Naga Cina dan Cryptozoology
Misalnya, Jiao Lung atau Naga Buaya. Naga jenis ini tidak bertanduk dan disebut sebagai pemimpin dari hewan-hewan air. Berdasarkan namanya, memang ada kemungkinan kalau naga jenis ini adalah seekor buaya. Penyebutan ini paralel dengan sebutan Komodo Dragon yang menggunakan nama naga untuk menyebut makhluk reptil raksasa Komodo. Nama ini jelas menunjukkan kalau Naga Cina tidak selalu berarti makhluk terbang bertubuh ular, bertanduk, bersungut dan bercakar.

Contoh lainnya adalah Pan Lung atau Naga Spiral. Naga jenis ini berdiam di danau dan belum bisa naik ke langit untuk menjadi makhluk spiritual. Naga jenis ini bisa jadi merujuk kepada makhluk air serupa ular atau belut. Contohnya adalah Oarfish (yang hidup di laut) yang memiliki karakteristik cukup unik sehingga orang sering membandingkannya dengan naga Cina

Ada kemungkinan kalau penampakan makhluk serupa Oarfish di danau-danau Cina telah dianggap sebagai penampakan naga. Lalu, ada Fei Lung alias Naga Terbang. Naga ini memiliki sayap dan mengendarai awan dan kabut. Menariknya, nama ini juga digunakan untuk menyebut Pterosaurus dalam bahasa mandarin. Fei Lung mungkin adalah jenis naga yang sama dengan naga Eropa.

Penampakan Naga di dalam sejarah Cina
Jika sebagian Naga Cina bisa dikategorikan ke dalam makhluk Cryptid, pernahkah ada kesaksian mengenai penampakannya? Jawabannya: Ada! Sejarah negara Cina telah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi. Dalam kurun waktu tersebut, para cendikiawan mendokumentasikan setiap peristiwa dalam catatan-catatan yang rapi, termasuk peristiwa terlihatnya naga di berbagai tempat di Cina.

Namun, peristiwa yang dituangkan ke dalamnya mungkin telah diinterpretasikan berdasarkan pemahaman dan kebudayaan bangsa Cina masa lampau sehingga sebagian kisah itu terdengar cukup mistis. Namun, kisah lainnya memiliki kemiripan dengan kasus perjumpaan dengan makhluk Cryptid.

Salah satu contoh peristiwa penampakan naga tercatat dalam buku Recording for the Jiaxing Regional Government yang menceritakan kalau pada bulan September 1588, seekor naga berwarna putih terlihat terbang di atas permukaan danau Ping di wilayah Pinghu, propinsi Zhejiang. Cahaya yang keluar dari naga putih tersebut begitu terangnya sehingga menerangi sebagian langit dengan warna merah yang terang benderang.

Dalam buku lainnya, Recording for the Songjiang Regional Government, disebutkan kalau 20 tahun setelah penampakan naga putih di danau Ping itu, seekor naga putih serupa juga terlihat terbang di atas sungai Huangpu di Songjiang, Shanghai. Naga itu terlihat pada bulan Juli 1608. Seorang saksi mata mengaku melihat seorang dewa sedang berdiri di kepala naga itu.

Kesaksian mengenai adanya dewa yang mengendarai naga tersebut adalah contoh kesaksian perjumpaan dengan naga sebagai makhluk spiritual. Di samping itu, ada kesaksian-kesaksian lainnya yang sama sekali tidak menyebutkan adanya dewa atau naga yang terbang. Kesaksian-kesaksian ini terdengar sangat mirip dengan kisah-kisah penampakan makhluk cryptid pada umumnya. Di bawah ini beberapa contohnya:

Pada tahun ke-24 masa pemerintahan Kaisar Jian'an dari dinasti Dong Han (219 Masehi), seekor naga berwarna kuning muncul di sungai Chishui di kota Wuyang dan berdiam disitu hingga sembilan hari lamanya sebelum akhirnya pergi. Setelah itu, para penduduk desa membangun sebuah kuil disitu dan sebuah prasasti dibuat sebagai penghormatan kepada naga tersebut.

Pada bulan April tahun 345 Masehi, tahun pertama pemerintahan kaisar Yonghe, dua ekor naga, satu berwarna putih dan yang lainnya berwarna hitam, muncul di gunung Long. Peristiwa munculnya naga ini membuat kaisar Murong dari kerajaan Yan memimpin sejumlah pejabatnya menuju gunung itu untuk melihat naga-naga tersebut. Ketika sampai disana, mereka mengadakan upacara keagamaan pada jarak 200 yard dari kedua naga tersebut.

Ratusan tahun kemudian, di gunung yang sama, seekor naga kembali muncul. Peristiwa ini dicatat dalam buku History of the Yuan Dinasty
"Pada bulan Juli, tahun ke-27 masa pemerintahan kaisar Zhiyuan (1290 Masehi), seekor naga muncul di dekat gunung Long di wilayah Linxong, propinsi Shandong. Naga itu mampu membuat sebuah batu besar melayang di udara. Tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana cara naga tersebut membuat batu besar itu melayang. "
Tahun 1162, seekor naga mati disebut ditemukan di danau Taibai. Naga ini memiliki sungut yang panjang dengan sisik yang besar. Punggungnya berwarna hitam sedangkan perutnya berwarna putih. Di punggungnya ada sebuah sirip, sedangkan di kepalanya ada dua tanduk besar. Karena makhluk itu mengeluarkan bau yang tidak sedap, para penduduk kemudian menutupinya dengan matras. Otoritas setempat pun segera memerintahkan pengadaan upacara sembahyang di lokasi itu. Satu hari setelah penemuan itu, bangkai naga itu hilang entah kemana.

Kesaksian lainnya dicatat oleh buku Recording for the Lin'an Regional Government yang menceritakan kalau pada tahun 1631, tahun ke-4 masa pemerintahan kaisar Chongzhen, seekor naga besar terlihat di sebuah danau di propinsi Yunan. Karena kemunculan ini, danau tersebut kemudian diberi nama Yilong yang berarti danau naga misterius. Nama ini masih digunakan hingga sekarang.

Buku lainnya, Amanded Recording of the Tang Dinasty, mencatat peristiwa penemuan seekor naga mati berwarna hitam di teritori Tongcheng. Peristiwa ini terjadi pada tahun terakhir pemerintahan kaisar Xiantong. Menariknya, buku ini memberikan deskripsi yang cukup detail mengenai naga tersebut. Disebutkan kalau panjang naga itu adalah sekitar 30 meter dimana setengahnya adalah ekornya. Ujung ekor naga tersebut pipih, sisiknya seperti ikan dan di kepalanya tumbuh dua tanduk. Sungut di samping mulutnya memiliki panjang 6 meter. Kakinya yang tumbuh di perutnya memiliki lapisan berwarna merah. Deskripsi ini sangat mirip dengan gambaran naga Cina klasik.

Buku Seven Books and Scriptures tulisan Long Ying juga mencatat peristiwa penemuan naga yang terjadi pada tahun terakhir pemerintahan kaisar Chenghua dari dinasti Ming. Naga itu ditemukan di pantai Xinhui, propinsi Guangdong. Nelayan yang melihatnya memukul makhluk itu hingga mati. Panjang naga tersebut kurang lebih 10 meter dan terlihat mirip dengan naga dalam lukisan-lukisan klasik. Kisah ini cukup aneh karena seorang nelayan yang melihat naga umumnya tidak akan memukulnya sampai mati, mengingat bangsa Cina sangat menghormati makhluk ini. Mungkin makhluk itu mengganggu sang nelayan, namun kita tidak bisa memastikannya.

Buku History for the Yongping Regional Government mencatat kalau pada musim semi tahun ke-19 masa pemerintahan kaisar Daoguang (1839), seekor naga ditemukan di pinggir sungai Luanhe di wilayah Laoting. Bangkai naga itu terlihat dikerubungi oleh lalat dan belatung. Penduduk lokal kemudian membangun sebuah tempat perlindungan untuk melindunginya dari sinar matahari langsung. Mereka juga menyiram air dingin ke tubuhnya. Legenda menyebutkan kalau tiga hari kemudian, Naga itu kembali hidup dan pergi begitu saja.

Peristiwa termodern yang menyangkut penemuan naga adalah yang terjadi pada Agustus 1944. Seekor naga hitam diberitakan jatuh ke tanah di desa Weizi di halaman rumah keluarga Chen, sekitar 9,4 mil barat laut wilayah Zhaoyuan, di sebelah selatan sungai Mudan di propinsi Heilongjiang. Naga hitam itu ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa. Para saksi mata mengatakan bahwa makhluk ini memiliki tanduk di atas kepalanya dan sisik yang menutupi seluruh tubuhnya. Makhluk itu memiliki bau seperti ikan yang menarik lalat untuk mengerumuninya.

Dari semua kesaksian itu, muncul satu pertanyaan yang menarik. Jika Naga yang disebutkan dalam sebagian kesaksian tersebut adalah hewan yang nyata, maka hewan apakah yang memiliki tubuh seperti ular, bertanduk, berkaki dan memiliki sungut di sisi mulutnya? Itulah misterinya.

Benarkah Indonesia Adalah Benua Atlantis Yang Akan Hilang

Musibah alam beruntun dialami Indonesia. Mulai dari tsunami di Aceh hingga yang mutakhir semburan lumpur panas di Jawa Timur. Hal itu mengingatkan kita pada peristiwa serupa di wilayah yang dikenal sebagai Benua Atlantis. Apakah ada hubungan antara Indonesia dan Atlantis ?

Plato (427 – 347 SM) menyatakan bahwa puluhan ribu tahun lalu terjadi berbagai letusan gunung berapi secara serentak, menimbulkan gempa, pencairan es, dan banjir. Peristiwa itu mengakibatkan sebagian permukaan bumi tenggelam. Bagian itulah yang disebutnya benua yang hilang atau Atlantis.


Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Aryso Santos, menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization (2005). Santos menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia. Sistem terasisasi sawah yang khas Indonesia, menurutnya, ialah bentuk yang diadopsi oleh Candi Borobudur, Piramida di Mesir, dan bangunan kuno Aztec di Meksiko.

Bukan kebetulan ketika Indonesia pada tahun 1958, atas gagasan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja melalui UU no. 4 Perpu tahun 1960, mencetuskan Deklarasi Djoeanda. Isinya menyatakan bahwa negara Indonesia dengan perairan pedalamannya merupakan kesatuan wilayah nusantara. Fakta itu kemudian diakui oleh Konvensi Hukum Laut Internasional 1982. Merujuk penelitian Santos, pada masa puluhan ribu tahun yang lalu wilayah negara Indonesia merupakan suatu benua yang menyatu. Tidak terpecah-pecah dalam puluhan ribu pulau seperti halnya sekarang.

Santos menetapkan bahwa pada masa lalu itu Atlantis merupakan benua yang membentang dari bagian selatan India, Sri Lanka, Sumatra, Jawa, Kalimantan, terus ke arah timur dengan Indonesia (yang sekarang) sebagai pusatnya. Di wilayah itu terdapat puluhan gunung berapi yang aktif dan dikelilingi oleh samudera yang menyatu bernama Orientale, terdiri dari Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Teori Plato menerangkan bahwa Atlantis merupakan benua yang hilang akibat letusan gunung berapi yang secara bersamaan meletus. Pada masa itu sebagian besar bagian dunia masih diliput oleh lapisan-lapisan es (era Pleistocene). Dengan meletusnya berpuluh-puluh gunung berapi secara bersamaan yang sebagian besar terletak di wilayah Indonesia (dulu) itu, maka tenggelamlah sebagian benua dan diliput oleh air asal dari es yang mencair. Di antaranya letusan gunung Meru di India Selatan dan gunung Semeru di Jawa Timur. Lalu letusan gunung berapi di Sumatera yang membentuk Danau Toba dengan pulau Somasir, yang merupakan puncak gunung yang meletus pada saat itu. Letusan yang paling dahsyat di kemudian hari adalah gunung Krakatau (Krakatoa) yang memecah bagian Sumatera dan Jawa dan lain-lainnya serta membentuk selat dataran Sunda.

Atlantis berasal dari bahasa Sanskrit Atala, yang berarti surga atau menara peninjauan (watch tower), Atalaia (Potugis), Atalaya (Spanyol). Plato menegaskan bahwa wilayah Atlantis pada saat itu merupakan pusat dari peradaban dunia dalam bentuk budaya, kekayaan alam, ilmu/teknologi, dan lain-lainnya. Plato menetapkan bahwa letak Atlantis itu di Samudera Atlantik sekarang. Pada masanya, ia bersikukuh bahwa bumi ini datar dan dikelilingi oleh satu samudera (ocean) secara menyeluruh. Ocean berasal dari kata Sanskrit ashayana yang berarti mengelilingi secara menyeluruh. Pendapat itu kemudian ditentang oleh ahli-ahli di kemudian hari seperti Copernicus, Galilei-Galileo, Einstein, dan Stephen Hawking.

Santos berbeda dengan Plato mengenai lokasi Atlantis. Ilmuwan Brazil it berargumentasi, bahwa pada saat terjadinya letusan berbagai gunung berapi itu, menyebabkan lapisan es mencair dan mengalir ke samudera sehingga luasnya bertambah. Air dan lumpur berasal dari abu gunung berapi tersebut membebani samudera dan dasarnya, mengakibatkan tekanan luar biasa kepada kulit bumi di dasar samudera, terutama pada pantai benua. Tekanan ini mengakibatkan gempa. Gempa ini diperkuat lagi oleh gunung-gunung yang meletus kemudian secara beruntun dan menimbulkan gelombang tsunami yang dahsyat. Santos menamakannya Heinrich Events.

Dalam usaha mengemukakan pendapat mendasarkan kepada sejarah dunia, tampak Plato telah melakukan dua kekhilafan, pertama mengenai bentuk/posisi bumi yang katanya datar. Kedua, mengenai letak benua Atlantis yang katanya berada di Samudera Atlantik yang ditentang oleh Santos. Penelitian militer Amerika Serikat di wilayah Atlantik terbukti tidak berhasil menemukan bekas-bekas benua yang hilang itu. Oleh karena itu tidaklah semena-mena ada peribahasa yang berkata, “Amicus Plato, sed magis amica veritas.” Artinya,”Saya senang kepada Plato tetapi saya lebih senang kepada kebenaran.” Namun, ada beberapa keadaan masa kini yang antara Plato dan Santos sependapat. Yakni pertama, bahwa lokasi benua yang tenggelam itu adalah Atlantis dan oleh Santos dipastikan sebagai wilayah Republik Indonesia. Kedua, jumlah atau panjangnya mata rantai gunung berapi di Indonesia. Di antaranya ialah Kerinci, Talang, Krakatoa, Malabar, Galunggung, Pangrango, Merapi, Merbabu, Semeru, Bromo, Agung, Rinjani. Sebagian dari gunung itu telah atau sedang aktif kembali.

Ketiga, soal semburan lumpur akibat letusan gunung berapi yang abunya tercampur air laut menjadi lumpur. Endapan lumpur di laut ini kemudian meresap ke dalam tanah di daratan. Lumpur panas ini tercampur dengan gas-gas alam yang merupakan impossible barrier of mud (hambatan lumpur yang tidak bisa dilalui), atau in navigable (tidak dapat dilalui), tidak bisa ditembus atau dimasuki. Dalam kasus di Sidoarjo, pernah dilakukan remote sensing, penginderaan jauh, yang menunjukkan adanya sistim kanalisasi di wilayah tersebut. Ada kemungkinan kanalisasi itu bekas penyaluran semburan lumpur panas dari masa yang lampau.

Bahwa Indonesia adalah wilayah yang dianggap sebagai ahli waris Atlantis, tentu harus membuat kita bersyukur. Membuat kita tidak rendah diri di dalam pergaula internasional, sebab Atlantis pada masanya ialah pusat peradaban dunia. Namun sebagai wilayah yang rawan bencana, sebagaimana telah dialami oleh Atlantis itu, sudah saatnya kita belajar dari sejarah dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir untuk dapat mengatasinya

Kutukan Makam Shakespeare

Jangan lagi berharap bisa mendapat uang melimpah dengan coba-coba mencuri kerangka penulis drama ternama, William Shakespeare atau coba-coba menyimpannya sendiri agar dapat tertular kemahirannya dalam menulis.

Shakespeare sudah menduga dan memperkirakan betul bagaimana perilaku keserakahan manusia di masa-masa mendatang. Karena itu Shakespeare sudah menyiapkan sebuah kutukan untuk melindungi dirinya di saat sudah meninggal. Kutukan yang diukir pada kuburan Shakespeare inilah yang mungkin telah menyelamatkan kerangkanya dari penggalian.

Penggalian tulang orang mati biasa terjadi pada masa Shakespeare, baik untuk tujuan keagamaan atau penelitian. Kerangka yang ditemukan seringkali diangkat untuk memberi jalan bagi kuburan lain dan ditimbun di tempat penimbunan tanah atau bahkan digunakan sebagai pupuk.

Melihat fakta itu, dramawan Inggris tersebut menjadi sangat khawatir peristiwa semacam itu akan terjadi pada kerangkanya sendiri sehingga dia meminta dituliskan sebuah kutukan di makamnya di Holy Trinity Church, Stratford-on-Avon, sebagai peringatan bagi penggali kuburan setelah ia meninggal pada 1616.

“Good frend for Jesus sake forebeare, To digg the dust encloased heare; Bleste be the man that spares thes stones, And curst be he that moves my bones,” demikian tulisan yang terpatri di makam penulis The Four Tragedies tersebut. Kalimat kutukan terlihat di kalimat terakhir “And curst be he that moves my bones” (Dan terkutuklah dia yang memindahkan tulang-tulangku).

Dr. Philip Schwyzer, dosen senior di Exeter University, berkata, “Shakespeare memiliki obsesi yang tak biasa dengan pemakaman dan kekhawatiran bahwa kuburannya akan digali orang. Prasasti keras di batu nisan setidak ikut bertanggung jawab atas kenyataan bahwa tidak ada proyek yang berhasil untuk membuka kuburan itu.”

Schwyzer, yang menyelidiki gagasan dalam buku baru “Archeologies of English Renaissance Literature”, menambahkan, “Tulisan di batu nisannya menandai pernyataan terakhirnya yang tak kenal kompromi mengenai pendapat yang memenuhi pikirannya sepanjang karirnya sebagai penulis drama.”

Mimpi buruk pribadi digambarkan dalam karya seperti Hamlet, Romeo and Juliet dan Richard III. Kecemasan mengenai perlakuan buruk atau penggalian mayat ditemukan di setidaknya 16 dari 37 drama. Dari sana terlihat keprihatinan ini seringkali terlihat dibandingkan dengan kekhawatiran mengenai kematian itu sendiri.

Fakta Mengerikan Tentang Bulan



Usia Bulan :
Usia bulan lebih tua dari yang diperkirakan, bahkan diperkirakan lebih tua daripada bulan dan matahari itu sendiri! Umur Bumi paling tua yang bisa diperkirakan adalah 4.6 Milyar tahun. Sementara itu batuan Bulan malah sudah berumur 5.3 Milyar tahun. Bulan lebih tua 1 milyar tahun ketimbang Bumi!

Lebih keras diatas :
Normalnya sebuah planet akan keras di dalam dan makin lama makin lembut diatas, seperti bumi kita. Tidak demikian hal nya dengan bulan. Bagian dalam bulan seperti berongga, sementara bagian atasnya keras sekeras Titanium. Hal ini lah yang menyebabkan bahwa bulan bagaimanapun juga sangat kuat dan tahan serangan. Kawah terbesar di Bulan berdiameter 300KM, dengan kedalaman hanya 6.4KM. Sementara itu, menurut hitungan ilmuwan, jika batuan yang menubruk bulan tadi, menubruk Bumi, maka akan terbentuk lubang paling tidak sedalam 1.200KM !

Bulan yang berongga juga dibuktikan saat kru Apollo yang meninggalkan Bulan, membuang kembali sisa pesawat yang tidak digunakan kembali ke Bulan . Hasilnya, sebuah gempa dan gema pada permukaan bulan terjadi selama 15 menit. Penemuan ini diulang kembali oleh kru Apollo 13, yang kali ini jatuh lebih keras, menimbulkan gema selama 3 jam 20 menit.

Ibaratnya seperti sedang membunyikan lonceng yang kemudian berdentang, hanya saja karena tidak ada udara, maka suara dentang lonceng yang dihasilkan tidak bisa didengar oleh manusia. Sementara itu, penemuan ini dipertanyakan oleh Carl Sagan, bahwa satelit alamiah nggak mungkin kopong dalam nya.

Bebatuan Bulan :
Asal usul batuan dan debu bulan sendiri tidak jelas, karena perbedaan komposisi pembentuk bulan yang berbeda sekali dengan komposisi batuannya. Batu yang pernah diambil team apollo sebesar 380KG lebih, menunjukkan ada nya bahan unik dan langka seperti Titanium murni, kromium, itrium, dan lain lain. Logam ini sangat keras, tahan panas, anti oksidasi. Jenis logam ini tidak terdapat secara alamiah di alam, dan jelas tidak mungkin terbentuk secara alamiah.

Para ilmuwan juga mengalami kesulitan menembus sisi luar bulan sewaktu mereka mengebor bagian terluar bulan. Setelah di teliti, bagian yang di bor tadi adalah sebuah mineral dengan kandungan titanium, uranium 236 dan neptunium 237. Bahan bahan super keras anti karat, yang juga tidak mungkin terbentuk secara alamiah, karena digunakan di bumi untuk membuat pesawat stealth. Kemungkinan besar, ini logam hasil sepuhan manusia!

Batuan bulan juga entah bagaimana sangat magnetik. Padahal tidak ada medan magnet di Bulan itu sendiri. Berbeda dengan bumi yang banyak sekali mengandung medan magnet.

Air menguap :
Pada 7 Maret 1971, instrumen bulan yang dipasang oleh astronot merekam adanya air melewati permukaan bulan. Uap air tadi bertahan hingga 14 jam dan menutupi permukaan seluas 100 mil persegi.

Ukuran bulan = Matahari ?
Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, tapi ukurannya tidak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan. Pada saat gerhana matahari total, ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari bisa tertutup bulan secara sempurna. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.

Orbit yang aneh :
Orbit bulan merupakan satu satunya yang benar benar hampir bulat sempurna dari semua sistem tata surya kita. Berat utama bulan terletak lebih dekat 6000 kaki ketimbang pusat geometris nya, yang harusnya justru mengakibatkan orbit lengkung. Sesuatu yang tidak diketahui telah membuat bulan stabil pada poros nya. Suatu teori yang belum di yakini benar adanya juga mengatakan bahwa wajah bulan yang selalu sama di setiap hari nya karena adanya suatu hal yang menyebabkan itu. Yang pada intinya, tetap suatu kebetulan astronomi.

Asal usul bulan :
Teori bahwa bulan tadinya adalah sebagian dari bumi yang mental keluar bumi karena tumbukan hebat di masa lalu hampir saja di setujui oleh semua orang, setelah sebelumnya mereka mengira bahwa bulan terbentuk dari debu debu angkasa yang mampat menjadi satelit bumi. Belakangan ini teori menyebutkan bahwa jika bagian sebesar bulan terambil dari bumi, maka bumi tidak akan bisa bulat seperti sekarang. Dan jika bulan tidak berongga, maka tidak mungkin bulan bisa berada menjadi satelit bumi. Terlalu berat dan bulan akan menghantam bumi.

Teori teori asal usul bulan kembali dipertanyakan, dan teori paling gila sepanjang sejarah mulai muncul, bahwa bulan diciptakan dengan sengaja oleh manusia terdahulu sebagai alat bantu dalam navigasi dan juga astronomi!

Bulan adalah kapal luar angkasa ?
Kesempurnaan bulan yang keterlaluan, dan berbagai anomali yang ada dibulan, plus ditambah banyaknya benda benda terbang tak dikenal di bulan membuat banyak pihak mengatakan bahwa kemungkinan besar bulan adalah sebuah pesawat luar angkasa super besar yang diciptakan oleh mahluk cerdas pendahulu kita. Dan bulan BELUM ditinggalkan oleh penghuni nya! Semua kru Apollo dan astronot astronot lain atau peneliti bulan, semuanya telah melihat cahaya cahya adan benda benda terbang tak dikenal yang lalu lalang diantara bulan, muncul dan hilang begitu saja, bahkan selalu menyertai setiap kedatangan dan kepergian para team astronot yang mengunjungi bulan.

9 Buku Paling Banyak Dibaca

Buku adalah jendela pengetahuan. Meskipun buku bukanlah satu-satunya media penyalur pengetahuan karena ada banyak media yang menyediakan pengetahuan dan informasi, apalagi ditengah gempuran media online melalui internet, namun buku masih belum kehilangan pamornya dan masih banyak peminatnya. Berikut ini adalah 9 buku yang paling banyak dibaca di seluruh dunia yang dikutip dari.

9. The Diary of A Young Girl Anne Frank – ANNE FRANK (1947)
Anne Frank, mulai menulis buku hariannya sejak 12 Juni 1942. Di ulang tahunnya yang ke 13 ayahnya memberikan sebuah hadiah buku harian yang diberi nama Kitty. Anne Frank menggambarkan kehidupannya pada saat itu, tentang keluarganya, teman-temannya, tempat-tempat yang ia sukai dan pernah dikunjunginya hingga masa pendudukan Jerman (Nazi) di Belanda pada Perang Dunia II. Ia menulis bagaimana ia dan keluarganya bersembunyi dari Jerman ke Belanda untuk menghindari penganiayaan yang disebabkan oleh hukum rasial Hitler. Ia juga menceritakan tentang lencana atau bintang kuning yang secara terpaksa harus dipakai oleh semua orang Yahudi di depan publik, penganiayaan dan pembatasan orang-orang Yahudi di Amsterdam selama di bawah kepemimpinan Jerman. Buku ini pertama kali diterjemahkan ke dalam Bahasa Belanda dan ke dalam beberapa bahasa serta menjadi salah satu buku paling banyak dibaca di seluruh dunia.
The Diary of A Young Girl Anne Frank - 9 buku paling banyak dibaca
8. THINK AND GROW RICH – NAPOLEON HILL (1938)
“Think and Grow Rich” karya Napoleon Hill adalah buku motivasi pengembangan diri dan menjadi salah satu teks yang paling kuat mempengaruhi perkembangan pelatihan motivasi di Amerika Serikat. Buku ini diterbitkan pada tahun 1938 dan masih menjadi best seller meski sudah berusia lebih dari 70 tahun. Buku ini menjadi rujukan dari semua buku tentang berpikir positif dan kesuksesan. Dan kini buku tersebut dalam domain publik dan dapat didownload secara gratis serta menjadi buku paling banyak dibaca diseluruh dunia.
 THINK AND GROW RICH - 9 buku paling banyak dibaca
7. GONE WITH THE WIND – MARGARET MITCHELL (1936)
Gone With The Wind adalah novel roman karya Margaret Mitchell yang diterbitkan pada tahun 1936. Buku ini berhasil terjual hampir 180.000 eksemplar dalam empat minggu dan satu juta eksemplar dalam enam bulan, dan angka tersebut masih terus naik seiring diterjemahkan ke dalam 37 bahasa (negara). Ini merupakan kesuksesan yang sangat besar dalam dunia penerbitan di era tersebut.
GONE WITH THE WIND - 9 buku paling banyak dibaca
6. TWILIGHT – STEPHENIE MEYER (2005)
Siapa yang tidak mengenal novel fenomenal ini, Twilight merupakan kisah cinta antara gadis muda Bella Swan dan vampir yang berusia 104 tahun, Edward Cullen. Twilight baik yang berupa novel maupun film sangat sukses dipasaran. Novel Twilight Saga meraih kesuksesan dan telah diterjemahkan ke dalam 20 bahasa dan menyentuh hampir 50 juta kopi terjual!
TWILIGHT - 9 buku paling banyak dibaca
5. DA VINCI CODE – DAN BROWN (2003)
Dan Brown menuai kontroversi dengan menulis novel yang dianggap menggunjang sisi keimanan umat kristiani. Da Vinci Code, menjadi best seller sejak hari pertama, dengan 6000 eksemplar terjual dalam 24 jam. Angka-angka penjualan novel ini membuat buku ini merupakan salah satu fenomena penerbitan terbesar yang pernah: lebih dari 57 juta kopi terjual di seluruh dunia. Novel ini bergenre misteri-detektif, cerita diawali oleh detektif Robert Langdon dan Sophie Neveu yang menyelidiki pembunuhan di Museum Louvre, Paris, yang kemudian membawa mereka harus memecahkan kode-kode yang dibuat Leonardo Da Vinci hingga akhirnya terkuak misteri bahwa Yesus sebenarnya telah menikah dengan Maria Magdalena.
DA VINCI CODE - 9 buku paling banyak dibaca
4. THE ALCHEMIST – PAULO COELHO (1988)
The Alchemist adalah sebuah novel yang bergenre petualangan, drama, fantasi karya Paulo Coelho dan diterbitkan pada tahun 1988 dan pertama kali ditulis dalam bahasa Portugis. Novel tersebut telah diterjemahkan ke dalam 71 bahasa dan telah terjual lebih dari 65 juta eksemplar di lebih dari 160 negara serta menjadi salah satu buku terlaris dan paling banyak dibaca.
THE ALCHEMIST - 9 buku paling banyak dibaca
3. THE LORD OF THE RINGS – JRR TOLKIEN (1955)
The Lord of the Rings adalah novel epik fiktif dengan fantasi tingkat tinggi yang ditulis oleh profesor JRR Tolkien seorang yang sangat ahli dalam sastra Inggris dari Universitas Oxford yang ditulis dari tahun 1937 hingga 1949. NOvel ini telah terjual lebih dari 103 juta eksemplar di seluruh dunia, tersedia dalam 30 bahasa berbeada dan menjadikan novel ini menjadi buku yang paling banyak dibaca.
 THE LORD OF THE RINGS - 9 buku paling banyak dibaca
2. HARRY POTTER – JK ROWLING (1997)
JK Rowling sangat sukses dengan novel Harry Poter -nya. Semua serinya sukses di pasaran, kesuksesan novel Harry Potter menular dalam bentuk layar lebar. Novel Harry Potter telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 67 bahasa di seluruh dunia, dan menjadi best seller dengan 400 juta eksemplar telah terjual di seluruh dunia. Kesuseksesan Harry Potter mengubah kehidupan penulisnya JK Rowling secara dramatis dan menjadi salah satu wanita terkaya di dunia.
HARRY POTTER - 9 buku paling banyak dibaca
1. Quotations from Chairman Mao Tse-Tung – Mao Tse-Tung (1996)
Buku ini terdiri dari sebuah antologi kutipan diambil dari tulisan-tulisan dan pidato Mao Tse-Tung (Mao Zedong). Buku ini kerap disebut “Buku Merah” karena warna covernya dan sering diletakkan di dalam saku atas jaketnya. Buku ini sangat fenomenal karena telah terjual sebanyak 830 juta eksemplar di seluruh dunia dan menjadi buku yang paling banyak dibaca. Buku ini diterjemahkan dalam semua bahasa, memiliki penyebaran yang sangat besar di seluruh dunia seperti di negara-negara Barat, di dunia ketiga dan di Eropa, karena di Eropa Timur rezim komunis adalah gerakan yang harus dicegah.
 Quotations from Chairman Mao Tse-Tung - 9 buku paling banyak dibaca

5 PENYIHIR TERPOPULER SEPANJANG MASA


Para cenayang ataupun paranormal biasanya selalu tampil berbeda baik secara fesyen, riasan wajah, maupun hanya terlihat dari pancaran wajahnya. Terkadang mereka terlihat eksentrik, nyeleneh bahkan seram. Walaupun sekarang zaman telah berubah, namun mereka (cenayang, paranormal) masih eksis hingga saat ini, akibat dari beberapa kalangan masyarakat yang masih meyakini kemampuannya, dan menggunakan jasa mereka. Berikut dikutip dari unikgaul.com 5 cenayang, penyihir, terpopular sepanjang masa:

1. Mother Shipton (1488-1561)

Mungkin sosok ini merupakan penyihir yang paling dianggap nyata keberadaannya di dunia. Nama sebenarnya adalah Ursula Southeil, takdir telah membuangnya dan membuatnya diasingkan dari kehidupan masyarakatnya sendiri. Ursula tidak hanya dilahirkan dari rahim seorang ibu remaja yang juga dituduh sebagai seorang penyihir.
Ursula pun terlahir dengan kaki cacat, berkepala besar dan pipi cekung. Semenjak lahir ia telah memiki gigi yang lengkap. Semua penduduk di desanya meyakini bahwa ia terlahir dari hubungan intim sang ibu dengan sosok Iblis, terlebih keberadaan ayahnya tidak diketahui dan dikenali.
Walaupun semua hal aneh terjadi setelah ia dilahirkan, namun ia dikenal memiliki sebuah kemampuan yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya, dan popular. Reputasinya bahkan menyamai sang peramal, Nostradamus. Ia banyak meramalkan mengenai berbagai peristiwa yang akan terjadi di masa depan, namun tidak banyak catatan yang tidak ditemukan mengenai ramalannya itu. Dan namanya di daratan Inggris Raya sangat popular.

2. Moll Dyer (?-1697)

Keberadaan Moll adalah sebuah mitos, dan hidup di dalam cerita tutur bangsa Irlandia. Namun di dalam cerita tersebut ia dilukiskan sebagai seorang perempuan terhormat yang tinggal di Maryland, untuk melarikan diri dari masa lalunya. Setibanya di tempat barunya, namun tak beberapa lama sikapnya membuat penduduk setempat curiga. Diceritakan bahwa Moll sangat paham akan kegunaan dari berbagai jenis tumbuhan yang pengetahuan itu tidak dipahami dan diliki oleh penduduk setempat. Akhirnya penduduk mengejar dan memburunya, yang saat itu sedang berlangsung musim dingin. Dalam pelariannya Moll akhirnya tewas akibat kedinginan, ia tewas membeku.

3. Marie Laveau (1801-1881)

Perempuan yang satu ini dikenal sebagai salah satu praktisi voodoo terpopular di dunia. Ia tinggal di Kota Lousiana, sebuah negara bagian di Amerika Serikat, tempat ditemukannya boneka voodoo untuk kali pertama dan dijadikan sebagai simbol keyakinan tersebut. Ratu voodoo ini dikenal atas kemampuannya dalam melakukan ritual voodoo, namun demikian ia terkenal pula atas keramahannya. Dikisahkan seorang pria dari New Orleans datang menemuinya, dan meminta pertolongan kepada Marie untuk menolong sang anak agar dapat terbebas dari jeratan hukum, akibat tuduhan pembunuhan yang ditujukan kepada sang anak.
Marie pun menyetujuinya dengan imbalan, sang ayah harus memberikan rumah yang ditinggalinya. Dan betul saja, walaupun sang anak memang terbukti melakukan sebuah pembunuhan namun ia terbebas dari ancaman hukuman penjara. Rupanya mantra dan ritual yang dilakukan oleh Marie berhasil membebaskannya.

4. Silver Ravenwolf (1956-)

Silver Ravenwolf adalah seorang cenayang kontemporer Amerika. Ia adalah seorang pemimpin dari sekte Wicca, sebuah kepercayaan neopagan modern yang dipercayai sudah tersebar luas dengan cepat di muka bumi saat ini. Beberapa praktik yang terdapat dalam keyakinan wicca ini beberapa diantaranya adalah ritual magis dan hal berkenaan dengan supranatural. Silver pun tidak dikenal sebagai pemuka wicca, melainkan sebagai penggiat dari paganismek ia juga seorang direktur dari Black Forest Circle and Seminary, sebuah organisasi yang anggotanya terdiri dari klan wicca yang berasal dari Amerika dan Kanada.

5. Maggie Wall (?-1657)

Ia adalah seorang penyihir yang paling misterius di dunia. Ia adalah salah satu dari 4.000 perempuan yang dituduh sebagai penyihir lalu dieksekusi, terjadi di Skotlandia. Walaupun demikian, Maggie memiliki sebuah monumen kenangan untuk diingat. Yakni, sebuah tulisan yang menyebutkan namanya, “Di sini telah dibakar seorang penyihir, Maggie Wall, 1657.” Namun dengan disebutkannya nama Maggie maka semakin banyak orang yang penasaran dan bertanya akan keberadaan dan figurnya. Siapa Maggie?
Kenapa ia dibakar hidup-hidup? Kenapa monumen ini dibangun ditempatnya dibakar? Jawabanya tidak ada yang tahu. Tidak ada cerita setempat pun yang memberikan keterangan secara jelas mengenai Maggie. Namun sepertinya ada seseorang yang sepertinya mengenal Maggie, hal ini terbukti dari setiap tahun selalu saja ditemukan rangkaian kalung bunga yang ditinggalkan di monumen tersebut. Ia pun meninggalkan sebuah pesan,”untuk mengenang Maggie Wall, yang dibakar atas nama agama Tuhan.” Hingga sekarang tidak ada yang mengetahui siapa seseorang yang menuliskan pesan tersebut.