Copyrights @ ZIDNIKLOPEDIA 2014. Designed By Templateism.com - Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

10 Fenomena Langit yang Indah dan Menakjubkan

Fenomena langit yang indah dan menakjubkan.
Langit, awan, angkasa selalu menghasilkan karya yang indah, baik dari sisi formasi, warna dan bentuk yangartistik. Dibalik keindahan tersebut ada yang menyimpan tanda akan datangnya suatu peristiwa seperti bencana, badai atau cuaca yang ekstrem. Namun kebanyakan dari fenomena ini adalah fenomena alam yang sangat indah dan menakjubkan tertangkap oleh mata manusia yang dikutip dari.
10. Belt of venus
Belt of Venus (sabuk Venus) adalah fenomena yang terjadi di atmosfer bumi dimana langit terlihat sangat indah dan menakjubkan dengan warna pink kecoklatan dan terlihat ada batas cakrawala dengan bayangan bumi yang terlihat gelap. Sabuk venus dapat terlihat dengan sangat jelas pada saat matahari akan terbit dan tenggelam, dimana keadaan awan tidak berawan dan sangat berdebu.
 Belt of venus, fenomena yang sangat indah dan menakjubkan.
9. Moonbows
Moonbows adalah kemunculan pelangi yang dihasilkan dari cahaya permukaan bulan. Pelangi biasanya muncul setelah hari hujan dan matahari bersinar cerah, maka pada saat itulah muncul pelangi. Cahaya bulan menghasilkan moonbows yang indah dan menakjubkan. Kemunculan moonbows relatif samar dan tidak secerah dan seterang pelangi, seperti yang kita tahu cahaya bulan tidak seterang cahaya matahari. Fenomena moonbows pernah terjadi di air terjun Taman Nasional Yosemite, Amerika.
 Moonbows fenomena yang indah dan menakjubkan dimana cahaya bulan menghasilkan pelangi.
8. Hallo
Halo adalah sebuah fenomena yang terjadi dilangit pada siang hari. Pada saat itu, matahari terlihat dikelilingi lingkaran pelangi yang sangat besar. Banyak yang menyebut matahari bercincin. Secara ilmiah kejadian ini yg terjadi di wilayah atmosfer bumi. Baik pada awan yang menutupi matahari maupun bulan. Hal itu kerap terjadi pada saat habis hujan tapi langit masih berkabut dan matahari memancar. Tidak ada hubungannya dengan kejadian atau tanda akan terjadinya bencana atau misteri apapun. Fenomena halo terjadi di langit Yogyakarta pada tanggal 4 Januari 2011 pukul 11.30 WIB dan berlangsung sekitar 30 menit.
Hallo,  fenomena matahari bercincin yang sangat indah dan menakjubkan.
7. Sun Dog
Sun Dog adalah fenomena dimana cahaya matahari terlihat seperti memiliki bayangan di kedua sisinya atau sering disebut juga matahari kembar. Fenomena Sun Dog yang indah dan menakjubkan ini adalah ilusi optik yang terjadi di atmosfer. Ketika cahaya matahari menembus kumpulan lempeng-lempeng kristal es hexagonal yang berada dilangit dan tersusun secara horisontal. Sehingga mengakibatkan cahaya matahari tersebut dibelokan sejauh sudut 22 derajat. Sun Dog dapat terlihat jelas pada saat posisi horizon yang rendah atau pada saat matahari terbenam atau terbit, seperti yang terjadi di Fargo, Dakota Utara.
 Sun Dog, disebut juga matahari kembar fenomena yang indah dan menakjubkan.
6. Fire rainbow
Fire rainbow (pelangi api) adalah fenomena yang sangat indah dan menakjubkan dan terjadi di langit. Fire rainbow terjadi di awan cirrus dan biasanya setinggi 20.000 kaki di udara yang mengandung kristal-kristal es pada saat matahari tepat berada pada posisi 58 derajat maka terjadilah Fire raibow. Fire rainbow terjadi pada tahun 2006 di langit Idaho bagian utara atau dekat perbatasan Washington DC.
Fire rainbow,  fenomena yang sangat indah dan menakjubkan yang terjadi di langit.
5. Light pilars
Light pilars (pilar cahaya) adalah hasil ilusi optik yang terjadi di langit. Hampir mirip dengan fatamorgana, fenomena visual ini terjadi pada saat adanya refleksi dari sebuah cahaya (bisa dari cahaya matahari, bulan atau lampu jalanan) yang dipantulkan oleh kristal-kristal es yang hasilnya membentuk cahaya horizontal paralel yang kemudian tertangkap oleh mata manusia. Fenomena pilar cahaya yang indah dan menakjubkan ini kerap terjadi, misalnya pada saat matahari akan terbenam di Tucson (Arizona), pilar cahaya di Danau Lucerne (Wisconsin).
Light pilars, hasil ilusi optik yang indah terjadi di langit, mirip fatamorgana.
4. Supermoon
Supermoon adalah suatu fenomena dimana bulan penuh terlihat lebih besar dari pada biasanya yang baru terjadi pada 19 Maret 2011 lalu. Supermoon menggambarkan dimana keadaan posisi orbit bulan berada paling dekat dengan bumi atau disebut juga dengan perigee (terlihat lebih besar 12 % dari biasanya). Pada saat itu jarak bulan ke bumi berjarak 356,577 km sedangkan pada hari-hari biasa berjarak 384,403 dan ini terjadi dalam kurun waktu 18 tahun terakhir. Supermoon dapat terlihat jelas di hampir seluruh wilayah Indonesia. Fenomena Supermoon sering dikaitkan dengan akan datangnya bencana, seperti gempa bumi, yang pada tanggal 11 Maret 2011 memang terjadi gempa bumi dasyat berpotensi tsunami di Jepang. Tetapi teori atau issu ini belum dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
Supermoon, fenomena yang indah dan menakjubkan dimana bulan penuh terlihat lebih besar.
3. Mammatus cloud
Mammatus cloud adalah suatu fenomena dimana awan dilangit berbentuk seperti balon terbalik, bergelembung-gelembung, bergelombang terlihat sangat lembut, halus dan membentuk formasi yang sangat indah dan menakjubkan. Mammatus cloud terbentuk dari berbagai macam formasi kristal-kristal es di awan yang terbentang sejauh ratusan kilometer. Biasanya terjadi di awan cumulonimbus, altocumulus, altostratus dan awan cirrus. Ada banyak mekanisme terbentuknya Mammatus cloud ini. Meskipun awan ini sangat indah, namun perlu diwaspadai bahwa Mammatus cloud merupakan pertanda akan datangnya cuaca yang ekstrim atau akan datang badai. Mammatus cloud pernah terjadi di San Antonio, Texas pada tahun 2009.
 Mammatus cloud, fenomena yang indah dan menakjubkan dimana awan berbentuk seperti balon.
2. Lenticular Clouds
Awan lenticular adalah awan yang mempunyai bentuk yang unik, indah, menakjubkan, besar dan ada yang menyangka bahwa itu adalah penampakan UFO. Awan lenticular biasa muncul tempat yang tinggi seperti disekitar pegunungan dan bukit-bukit. Awan lenticular terjadi karena udara yang bergerak secara vertikal, dimana udara lembab mengalir stabil di atas gunung atau bukit kemudian datang gelombang angin berskala besar mengalir ke arah gunung yang kemudian “terjebak” dalam udara lembab tersebut dan membentuk lapisan-lapisan awan besar yang disebut awan lenticular. Berbagai bentuk awan lenticular yang indah dan menakjubkan berhasil diabadikan dengan kamera, salah satu yang terindah terjadi di puncak gunung Fuji di Jepang.
 Lenticular Clouds,  fenomena yang indah dan menakjubkan dimana awan berbentuk seperti penampakan UFO.
1. Aurora
Aurora adalah suatu fenomena yang sangat indah, menakjubkan dan sangat mengagumkan yang terjadi di Kutub Utara dan Kutub Selatan yang terjadi pada malam hari. Meskipun saya belum pernah melihat secara langsung (hanya melalui televisi, gambar dll), namun bisa dibayangkan betapa indahnya auroro tersebut. Aurora adalah suatu fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala, berwarna-warni, dengan bentuk yang sangat indah yang terjadi dilapisan ionosfer dari sebuah planet (dalam hal ini bumi) sebagai akibat adanya interaksi medan magnet planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Di Kutub Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis dan di Kutub Selatan dikenal dengan Aurora Australis. Cahaya aurora kadang berwarna hijau, merah, biru, jingga sehingga terlihat sangat indah dilangit malam.
Aurora, fenomena yang sangat indah dan menakjubkan  terjadi di Kutub Utara dan Kutub Selatan.

10 Sekolah Asrama Terbaik di Dunia

10 Sekolah Asrama Terbaik di Dunia
Pendidikan sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang. Belajar dapat dilakukan dimana saja di sekolah, asrama (pesantren) bahkan di rumah. Memilih sekolah yang terbaik dan berkualitas adalah hal yang penting. Sekolah bertaraf internasional sedang banyak dirintis di Indonesia. Berikut ini adalah 10 sekolah asrama terbaik di dunia untuk jenjang TK hingga SMP yang dikutip dari.

10. JFK Internasional – Swiss
Swiss adalah salah satu negara terkaya di dunia dan sekolah-sekolah yang berkualitas. Terdapat 12 universitas yang sangat berkualitas, Universitas Zurich adalah unversitas terbesar di Swiss. JFK International adalah salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. Sekolah ini terletak di desa pegunungan paling indah di Pegunungan Alpen Swiss. JFK adalah sekolah yang “hanya” memiliki siswa 60 sampai 70 siswa berusia antara 5 dan 14. Sistem pendidikan di JFK Internasional sangat baik, setiap siswa diperlakukan secara ekslusif dan intens oleh para pengajar. Hal ini menjadi sangat penting dan menjadi perhatian utama, karena setiap anak adalah individu yang berbeda, unik dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Interaksi antara guru dan siswa menjadi faktor penting agar bakat dan minat tiap-tiap siswa dapat tergali dan dikembangkan dengan maksimal. Kurikulum di JFK ini didesain khusus untuk sekolah-sekolah internasional dan memberikan siswa dengan banyak pengalaman melalui kegiatan, perjalanan, komputer dan olahraga.
JFK Internasional - Swiss
 9. Branksome Hall – Kanada
Kanada adalah negara terbesar kedua berdasarkan luas wilayah dan salah satu negara terkaya di dunia. Di bidang pendidikan Kanada memiliki Branksome Hall sebagai salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. Branksome Hall didirikan pada tahun 1903 yang terletak di Toronto, Ontario, Kanada dan menempati wilayah seluas 13 hektar. Siswa Branksome Hall semuanya adalah perempuan dengan jenjang pendidikan TK hingga SMP. Bangunan sekolah Branksome berada di dekat area hutan Carolinian, yang berintegrasi dengan kelas, memiliki empat lapangan tenis, menawarkan kurikulum seni, mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Siswa dididik dengan menumbuhkan keseimbangan antara akademisi dan pilihan co-kurikuler, dan menekankan perspektif global. Branksome memiliki wawasan internasional, dengan banyak guru berkualifikasi tinggi yang memiliki pengalaman mengajar internasional, dan menghasilkan lulusan berkualitas tinggi untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya.
Branksome Hall - Kanada
8. Sekolah Perempuan – Selandia Baru
Selandia Baru adalah salah satu negara termakmur di dunia dengan indeks korupsi terendah di dunia. Selandia Baru adalah negara dengan tingkat penduduk dewasa yang melek huruf mencapai 99 persen artinya hampir semua warga negara Selandia Baru memperoleh pendidikan yang baik. Selandia Baru memiliki sekolah asrama perempuan terbaik di dunia, Sekolah Perempuan yang terletak di Auckland. Sekolah ini didirikan hampir satu abad yang lalu. Sekolah ini menerapkan pembelajaran yang dinamis, dilengkapi dengan sumber daya kelas yang mutakhir, fasilitas rekreasi yang spektakuler dan lainnya.
 7. Westminster School – Inggris
Tidak diragukan lagi bahwa Westminster School adalah sekolah asrama terbaik di dunia yang terletak di samping Westminster Abbey, London. Ada sebuah ungkapan “jika ingin melihat kualitas sebuah lembaga pendidikan, lihatlah para alumninya”. Banyak tokoh dunia (filsuf John Locke), artis top (seperti Dido, Gavin Rossdale) dan tokoh terkenal (komposer Andrew Lloyd Webber) adalah alumni Westminster School. Westminster School didirikan tahun 1179. Lulusan Westminster School sebanyak 50% diterima di Universitas Oxford dan Cambridge. Sebanyak 45 persen memilih program yang sesuai untuk mereka di universitas lain negara terkemuka dan 5 persen telah mengambil tempat di universitas-universitas di Amerika.
Westminster School - Inggris
 6. Charterhouse School – Inggris
Charterhouse School dulunya adalah Rumah Sakit Raja James dan Thomas Sutton. Sekolah ini baru merayakan ulang tahunnya ke 400 di tahun 2011. Charterhouse menawarkan pendidikan yang dinamis dan progresif, dan lulusannya terus mengisi universitas-universitas terbaik di Inggris. Prioritas kegiatannya adalah tidak ujian nilai tetapi stimulasi penyelidikan independen dan rasa ingin tahu intelektual. Siswa didorong untuk menjaga keseimbangan antara kerja akademis dan berbagai kesempatan ekstra-kurikuler, dengan prestasi olahraga dan budaya.
Charterhouse School - Inggris
5. UWCSEA VISI – Singapura
Dari benua Asia ada UWCSEA VISI, Singapura sebagai salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. United World College of South East Asia menerapkan sistem pendidikan yang holistik. Siswa dari sekolah ini adalah anak-anak ekspatriat di Singapura. Sebuah kutipan review dari The Good Schools GuideInternational menyatakan bahwa “Sekolah ini memiliki reputasi akademis yang baik sepatutnya tapi menawarkan lebih dari sekadar keberhasilan ujian untuk mahasiswa … Ini bukan sekolah bagi mereka yang akan senang untuk duduk di sela-sela atau bagi mereka dengan kebutuhan pendidikan yang substansial”. UWCSEA memiliki fokus internasional dan telah mengembangkan reputasi seluruh dunia untuk menyediakan pendidikan berbasis nilai menantang holistik dengan penekanan pada prestasi akademik, pelayanan kepada orang lain, pengelolaan lingkungan, kerjasama dan kepemimpinan.
 UWCSEA VISI - Singapura
4. Dulwich College Management International (DCMI) – China
DCMI adalah sekolah asrama terbaik di dunia yang taraf internasional. DCMI adalah jaringan fasilitas pendidikan di Asia berdasarkan filsafat pendidikan salah satu sekolah independen terkemuka Inggris, Dulwich International College, London. DCMI mulai beroperasi di China, dengan pendirian Dulwich College di Shanghai. Lembaga pendidikan ini menawarkan pendidikan non-denominasi akademik kepada masyarakat ekspatriat. Menyusul keberhasilan dari Shanghai College DCMI telah mendirikan Dulwich College di Beijing, Suzhou, dan Zhuhai di Cina maupun di Seoul, Korea Selatan. DCMI juga mengembangkan TK bilingual di bawah nama merek terpisah, Windsor, dan mengembangkan A-level dan layanan penempatan maju untuk pasar lokal.
 Dulwich College Management International (DCMI) - China
3. Canadian Academy – Jepang
Meskipun namanya adalah Canadian Academy namun sekolah ini terletak di Pulau Rokko di Kobe, Jepang. Canadian Akademi didirikan dengan misi menginspirasi siswa untuk bertanya, merenung, dan memilih untuk bekal hidup mereka kelak. Canadian Academy telah mendapat izin dari Kementrian Pendidikan Jepang. Sekolah asrama terbaik di dunia ini berdiri sejak tahun 1913. Canadian Academy telah di akreditasi oleh WASC (Western Association of School and College) dan Council of International Schools (CIS) dari AS. Tata letak sekolah ini dirancang untuk menciptakan lingkungan kekeluargaan dan untuk menumbuhkan hubungan yang lebih dekat antara siswa dan orang tua mereka dengan rumah penduduk.
Canadian Academy - Jepang
2. Eton College – Inggris
Eton College adalah salah satu sekolah asrama terbaik di dunia. Sekolah ini hanya menerima anak laki-laki berusia 13 sampai 18 tahun. Awalnya sekolah ini didirikan oleh Raja Henry VI sebagai sekolah amal untuk memberikan pendidikan gratis untuk anak laki-laki miskin tahun 1440. Sistem pendidikan di Eton College menerapkan rasio 10:1, artinya hanya boleh ada sepuluh siswa untuk satu orang guru. Pelajaran komputer sudah ada sejak tahun 1970, namun saat itu hanya ada satu komputer dalam satu sekolah. Kini semua siswa diwajibkan memiliki komputer (laptop) dan menghubungkannya dengan jaringan serat optik sekolah ke kamar tidur siswa masing-masing. Eton College memberikan kualitas pendidikan yang sangat baik untuk para siswa untuk mencapai standar akademik tang tinggi sebagai hasil kegiatan belajar mengajar mereka di kelas.
 Eton College - Inggris
1. Sekolah terbaik di dunia adalah di rumah
Yup, sekolah terbaik di dunia berada di rumah. Tentunya dengan dukungan seluruh anggota keluarga yang juga melakukan pembelajaran sebagai “pembelajar”. Rumah adalah tempat ideal untuk belajar. Belajar hidup, belajar bersosialisasi, belajar secara akademis, belajar keahlian dan lain sebagainya. Setiap orang tua berkewajiban memberikan pendidikan yang maksimal terhadap anak dan bukan tanggungjawab sebuah lembaga pendidikan. Sebuah peradaban yang baik, unggul, berkualitas di mulai dari pendidikan di rumah sebelum melanjutkan ke lembaga pendidikan formal seperti sekolah, asrama dan lain sebagainya. Rumah adalah sekolah pertama dan anggota keluarga adalah siswa yang belajar bersama-sama dan terus belajar.
Learning at home

10 Perbandingan Antara Manusia dengan Simpanse

perbandingan simpanse dan manusia
Simpanse adalah kerabat paling dekat kita, namun banyak hal dari mereka yang tidak diketahui oleh sebagian besar dunia sampai Charles Darwin menulis tentang mereka dan dipopulerkan pada tahun 1859. Banyak hal tentang tentang mereka baru ditemukan akhir-akhir ini. Dengan belajar tentang kerabat kita ini, setidaknya kita bisa lebih memahami diri kita sendiri. Berikut ini adalah 10 perbandingan antara simpanse dengan manusia yang dikutip dari.
10. Jumlah spesies
Simpanse sering salah disebut sebagai monyet, padahal sebenarnya mereka bagian dari keluarga kera besar seperti kita juga. Kera besar lainnya adalah orangutan dan gorila. Hanya ada satu spesies manusia yang masih hidup saat ini: homo sapiens. Di masa lalu, banyak ilmuwan mencoba untuk menyatakan bahwa ada beberapa spesies manusia. Simpanse, di sisi lain, sebenarnya terdiri dari dua spesies: pan troglodytes, simpanse pada umumnya, dan pan paniscus, simpanse atau bonobo gracile. Kedua jenis simpanse adalah spesies yang benar-benar terpisah. Manusia dan kedua spesies simpanse berevolusi dari satu nenek moyang, tchadensis atau mungkin Sahelanthropus, antara lima dan tujuh juta tahun yang lalu. Hanya fosil-fosil dari nenek moyang ini yang masih bisa ditemukan.
species simpanse
9. DNA
Sering dikatakan bahwa manusia dan simpanse memiliki 99% DNA yang sama. Perbandingan genetik tidak sederhana karena sifat pengulangan gen dan mutasi, tetapi perkiraan sebenarnya yang lebih akurat adalah antara 85% sampai 95%. Angka ini masih mungkin terdengar mengesankan, tapi DNA paling banyak digunakan untuk fungsi selular dasar dimana semua makhluk sebenarnya memiliki kesamaan. Sebagai contoh, kita memiliki sekitar setengah dari DNA yang sama dengan pisang, namun orang tidak menggunakan ini untuk menekankan bagaimana pisang yang sama bagi kita! Jadi 95% tidak bisa membuktikan bahwa kita benar-benar mirip dengan simpanse. Simpanse memiliki 48 kromosom, dua lebih banyak dari manusia. Diperkirakan bahwa ini karena dalam nenek moyang manusia, dua pasang kromosom menyatu menjadi satu pasangan. Yang menarik, manusia memiliki variasi genetik paling sedikit diantara semua hewan, itulah mengapa kawin sedarah dapat menyebabkan masalah genetik. Bahkan dua manusia sama sekali tidak berhubungan biasanya secara genetik lebih mirip daripada simpanse dengan saudara kandungnya.
DNA simpanse vs DNA manusia
8. Ukuran otak
Otak seekor simpanse memiliki volume rata-rata 370mL. Sedangkan manusia memiliki volume otak rata-rata 1350mL. Ukuran saja bukan merupakan indikator mutlak kecerdasan. Ada pemenang Hadiah Nobel dengan ukuran otak mulai 900 ml sampai ke lebih dari 2000mL. Struktur dan organisasi dari berbagai bagian otak adalah cara yang lebih baik menentukan kecerdasan. Otak manusia memiliki area permukaan yang tinggi karena mereka jauh lebih berkerut daripada otak simpanse, dengan jumlah koneksi yang lebih besar dan banyak bagian-bagiannya.
ukuran otak simpanse vs ukuran otak manusia
7. Sosialisasi
Simpanse menghabiskan banyak waktu bersosialisasi. Banyak waktu bersosialisasi mereka dihabiskan untuk merawat diri mereka seperti; membersihkan bulu, mencari kutu di tubuh mereka satu sama lain. Simpanse muda dan remaja akan sering bermain dengan, mengejar, dan menggelitik satu sama lain. Menunjukkan kasih sayang termasuk berpelukan dan berciuman yang banyak dilakukan antara simpanse, lepas dari segala usia atau jenis kelamin. Simpanse memperkuat persahabatan dengan menghabiskan waktu saling merawat satu sama lain. Manusia menghabiskan waktu yang hampir sama dalam bersosialisasi, meskipun lebih banyak melalui berbicara dari pada tindakan. Namun demikian, banyak dari sejumlah besar obrolan ngawur yang kita hasilkan hanyalah sebuah versi yang lebih canggih dari ritual “perawatan tubuh” simpanse. Manusia juga menunjukkan hubungan kuat melalui kontak fisik – sebuah tepukan di punggung, pelukan, atau bersikap ramah. Ukuran kelompok sosial primata bisa mencerminkan ukuran otak mereka. Simpanse memiliki sekitar 50 teman dekat dan kenalan, sedangkan manusia memiliki antara 150 dan 200.
cara bersosialisasi simpanse
6. Bahasa dan ekspresi wajah
Simpanse memiliki cara salam yang kompleks dan komunikasi yang tergantung pada status sosial. Mereka berkomunikasi secara verbal dengan menggunakan berbagai seruan, geraman, jeritan, celaan, dan vokalisasi lainnya. Sebagian besar komunikasi mereka dilakukan melalui gerak tubuh dan ekspresi wajah. Banyak dari ekspresi wajah mereka – kejutan, menyeringai, memohon, menghibur – hampir sama dengan manusia. Namun, manusia tersenyum dengan menyeringai gigi mereka, bagi simpanse dan hewan lainnya hal itu adalah tanda agresi atau bahaya. Sebagian besar komunikasi manusia dilakukan melalui vokalisasi. Manusia cukup unik dan memiliki pita suara yang kompleks, memungkinkan kita membuat berbagai macam suara. Selain itu, manusia memiliki lidah yang sangat berotot dan bibir, memungkinkan manusia manipulasi suara dengan akurat. Ini sebabnya kita memiliki dagu runcing sedangkan simpanse memiliki dagu yang datar.
ekspresi wajah simpanse
5. Makanan
Simpanse dan manusia sama-sama omnivora (makan tumbuhan dan daging). Manusia memegang puncak tertinggi rantai makanan. Manusia lebih karnivora dari simpanse, dan memiliki usus yang lebih disempurnakan untuk mencerna daging. Simpanse kadang-kadang akan memburu dan membunuh mamalia lainnya, seringkali monyet, tapi sebagian besar makanan mereka adalah buah dan kadang-kadang serangga. Manusia jauh lebih tergantung pada daging – manusia hanya dapat memperoleh vitamin B12 secara alami melalui sumber makanan hewani. Berdasarkan sistem pencernaan kita dan gaya hidup suku-suku yang masih ada, diperkirakan bahwa manusia telah berevolusi untuk makan daging minimal sekali setiap beberapa hari. Manusia juga cenderung makan dalam waktu tertentu ketimbang makan terus-menerus sepanjang hari, seperti sifat karnivora umumnya. Ini mungkin karena daging hanya tersedia setelah proses berburu sukses, sehingga makanan dimakan dalam jumlah besar tapi jarang (tidak terus-menerus). Simpanse akan memakan buah terus-menerus sedangkan kebanyakan manusia makan tidak lebih dari tiga kali dalam sehari.
simpanse lebih banyak memakan buah
4. Seks
Spesies bonobo terkenal dengan nafsu seks mereka. Simpanse biasa dapat menjadi marah atau cenderung melakukan kekerasan, tapi bonobo meredakan situasi tersebut melalui kenikmatan seksual. Mereka juga menyapa dan menunjukkan kasih sayang satu sama lain melalui stimulasi seksual. Simpanse biasa tidak melakukan seks untuk kesenangan, dan kawin hanya membutuhkan waktu sepuluh atau lima belas detik. Manusia mengalami kesenangan dalam kegiatan seksual, seperti bonobo, namun bahkan seks untuk reproduksi membutuhkan waktu lebih lama dan membutuhkan usaha lebih, dan hubungan jangka panjang. Tidak seperti manusia, simpanse tidak memiliki konsep kecemburuan seksual atau kompetisi, karena mereka tidak melakukan hubungan jangka panjang.
pola hubungan seks simpanse
3. Berjalan tegak
Baik manusia dan simpanse mampu berjalan bipedally (dengan dua kaki). Simpanse akan sering melakukan ini untuk melihat lebih jauh ke depan, tapi lebih memilih untuk bergerak dengan empat kaki. Manusia berjalan tegak sejak masa bayi dan telah berevolusi membentuk tulang panggul berbentuk mangkuk untuk mendukung organ-organ internal mereka ketika melakukan hal itu. Simpanse, bersandar ke depan selama gerakan, tidak perlu mendukung mereka dengan organ panggul mereka dan sehingga memiliki pinggul lebih luas. Hal ini membuat persalinan lebih mudah bagi simpanse daripada manusia. Kaki manusia lurus dengan jari-jari kaki di bagian depan untuk membantu mendorong tepat di depan saat berjalan, sedangkan kaki simpanse memiliki jempol kaki saling berlawanan dan lebih seperti tangan yang kuat. Kaki digunakan untuk memanjat dan merangkak, melakukan gerakan diagonal, atau berputar.
manusia lebih tegak dari simpanse
2. Mata
Manusia memiliki area putih di sekitar iris mereka, sedangkan simpanse biasanya memiliki warna cokelat gelap. Ini membuat lebih mudah untuk melihat di mana manusia lain mencari (melihat), dan ada beberapa teori mengapa demikian. Ini mungkin merupakan penyesuaian terhadap situasi sosial yang lebih kompleks. Hal ini dapat membantu saat berburu diam-diam secara berkelompok, dimana arah mata sangat penting untuk komunikasi. Atau mungkin hanya mutasi genetik tanpa tujuan – area putih di sekitar iris terlihat di beberapa simpanse juga. Baik manusia dan simpanse dapat melihat dalam warna, membantu mereka untuk memilih buah-buahan matang dan tanaman untuk makan, dan memiliki visi berkenaan dgn teropong, mata mereka menunjuk ke depan ke arah yang sama. Hal ini membantu melihat secara mendalam dan sangat penting untuk berburu, bukan mata pada sisi samping kepala seperti kelinci yang membantu menghindar ketika diburu.
perbedaan mata simpanse dengan mata manusia
1. Penggunaan alat
Selama bertahun-tahun, manusia dianggap sebagai satu-satunya mahluk yang mampu menggunakan peratalan. Observasi pada tahun 1960 menunjukkan simpanse menggunakan ranting tajam untuk mencari rayap, dan sejak itu pandangan mulai berubah. Baik manusia dan simpanse mampu memodifikasi lingkungan mereka untuk menempa alat untuk membantu melewati tantangan sehari-hari. Simpanse akan membuat tombak, menggunakan batu sebagai palu dan landasan, dan daun untuk digunakan sebagai spons darurat. Diperkirakan bahwa sebagai hasil dari berjalan tegak, kaki depan kita jauh lebih bebas untuk menggunakan alat. Manusia hidup tergantung dengan alat-alat bantu, hampir mustahil kita bisa hidup tanpa menggunakan alat saat ini.
simpanse dalam menggunakan alat

HAL-HAL YANG BISA DIPELAJARI DARI FILM-FILM WARKOP DKI


Jangan kamu kira film Warkop DKI cuma sekedar menjajakan perempuan seksi dan komedi slapstik. Kalau kamu dengan jeli melihat becandaan yang dipaparkan di film-film mereka dan mengkorelasikan dengan kondisi sosial budaya Indonesia saat itu (dan sekarang mungkin) tawa terbahak-bahak kamu bisa jadi berubah jadi meringis garing karena miris dan tersindir. Bwoelah serius amat yak intronya. Hahaha. Yah pokoknya kita akan sajikan hal-hal menarik yang bisa kamu pelajari dari pelem Warkop DKI. Menarik menurut kita loh ya. Kalau menurut kamu gak, yaudah santai aja.

1. Kalau Mau Dapet Cewek (Paling Gak) Harus Punya Mobil.
Ini berdasarkan film Gengsi Doong (1981). Sarwani (Kasino), Paijo (Indro) dan Slamet (Dono) harus mati-matian menunjukan siapa yang paling tajir diantara mereka bertiga di kampus untuk menarik perhatian Rita (Camelia Malik). Paijo yang emang udah tajir paling sering lah dapet akses ke si Rita. Nah sementara Sarwani yang anak pemilik bengkel, mesti belagak dengan bawa mobil ganti-ganti tiap hari, padahal mobil orang. Slamet gak mau kalah dengan minta duit sama bapaknya yang petani tembakau di daerah. Hasilnya siapa yang menang? Si Rita milih cowo lain yang naik pesawat terbang alias pilot. Hmmm. Menyedihkan.
Scene paling diingat: Waktu Kasino bacain iklan jualan mobil di koran. Berapa kali pun kamu nonton akan selalu ngakak di bagian ini.

2. Cara Memaki
Dongkrak Antik (1982) barangkali adalah sebagai tonggak kosakata makian terbaru di era tahun 1982. Dari cuma sekedar ‘Bajingan!, Bedebah!, Biadab!’ menjadi ‘Dasar Monyet Bau, Kadal Bintit, Kecoak Bunting, Muka Gepeng, Babi Ngepet, Dinosaurus, Brontosaurus, CIH!’. Siapa lagi kalau bukan Kasino ya kaaan. Film ini tentang Dono, Kasino dan Indro yang bekerja sebagai pelayan hotel bersama Mat Solar juga. Cewenya siapa ya? Mariam Belina kayaknya.
Scene paling diingat: Waktu Dono disuruh membeli tiket kereta oleh tamu hotel.

3. Yang Baju Merah Jangan Sampai Lolos
Film yang mana tebak? Pintar Pintar Bodoh (1980). Ini pilem Warkop paling kocak sih menurut MBDC. Kenapa? Ya soalnya kita suka sama pelem detektif. Gitu aja sih. Eh, terus apa yang bisa dipelajari? Ya ituÖmacam-macam cara ngasih kode. Mungkin bisa dengan sok-sok nyanyi gitu.
Scene paling diingat: Nyanyian kodeeeee, nyanyian kodeeeeee *ngasih mic ke penonton* oh dan Dono yang bergaya Jon Travolta.

4. Bikin Pertunjukan Amal
Sama Juga Bohong (1986) adalah salah satu film warkop yang paling beda diantara film mereka yang lain. Karena hampir tidak ada paha cewek yang berkeliaran selama film ini. Tentang Dono, Kasino dan Indro yang membuat robot untuk dipertunjukan di acara amal demi membantu membangun rumah yatim piatu yang hampir ambruk. Tuh, Dono Kasino Indro aja bikin robot buat acara amal. Kamu udah ngapain? Nge-RT tweet ‘amal’ temen kamu? Nge-like status ‘amal’ temen kamu di Facebook? Cih.
Scene paling diingat: Nia Zulkarnaen lagi cakep-cakepnya di film ini.
Apalagi ya? Ada lagi gak?

5 FAKTA TENTANG ORANG SUKSES


Tahukah kamu bahwa sebenarnya tidak ada batasan atau ketentuan untuk menjadi sukses? Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk meraih kesuksesan. Inilah fakta-fakta yang layak direnungkan, seperti dikutip dari apakabardunia.com

1. Kesuksesan tak ada kaitannya dengan usia

Nelson Mandela, jadi presiden usia 76 tahun
Kolonel Sanders (KFC), mulai bisnis umur 65 tahun
Winston Churchill, banyak gagal dan hambatan, baru jadi PM Inggris usia 52 tahun.
Bill Gates, terkaya di dunia usia 41 tahun

2. Kesuksesan tak ada kaitannya dengan Ras dan kondisi ekonomi

Obama, Presiden Amerika Serikat saat ini, berkulit hitam
Jenderal Colin Powell, Martin Luther King: kulit hitam
Confusius, anak yatim di Cina
Charles dickens, penulis cerita kanak-kanak Inggris, menulis di gudang, banyak naskahnya dibuang ke tong sampah oleh editornya.

3. Kesuksesan tak ada kaitan dengan keterbatasan fisik

Hellen Keller: tuna netra, tuna rungu, penulis dan pendidik terkenal dunia.
Shakespeare: cacat kaki, penulis novel.
F.D. Roosevelt: terkena polio, presiden ke-32 di Amerika Serikat
Beethoven: tuna rungu, komposer musik.
Napoleon Bonaparte: sangat pendek, wajah tidak menarik, pemimpin pasukan penakluk Eropa.
Anthony Robbins: Lulusan SMA, kegemukan, merubah persepsi tentang penampilan dan cara diet, akhirnya berhasil langsing, lalu jadi motivator terkenal dunia.

4. Tingkat pendidikan bukan jaminan sukses

Thomas Alfa Edison : pendidikan SD, 2000 paten.
Li Ka Shing: berhenti sekolah umur 14 tahun, orang terkaya di Hongkong.
Henry Ford : tidak pernah duduk di bangku sekolah
The Wright Brother : orang biasa dan tidak berpendidikan tinggi, menciptakan pesawat terbang pertama di dunia.
Bill Gates, orang terkaya didunia memulai bisnis setelah lulus SMA.
Lawrence Ellison : drop out universitas, pendiri Oracle Corp, orang terkaya kedua didunia.

5. Kesuksesan tak ada hubungannya dengan latar belakang keluarga

Andrew Carnegie: bekerja usia 13 tahun, keluarga sangat miskin, menjadi Raja Besi Baja dunia.
Walt disney: usia 20 tahun pemuda miskin dan tidak terkenal, usia 30 tahun jadi usahawan terkenal.
Abrahan Lincoln lahir dari keluarga miskin
Napolean Hill dilahirkan di keluarga miskin, ibunya meninggal saat dia kecil, jadi guru motivasi terkenal dunia, bukunya Think and Grow Rich : menjadi acuan pertama bagi para motivator dunia.
Bill Clinton: ayahnya meninggal ketika masih kecil, adiknya terlibat obat terlarang.

Tentunya, fakta-fakta di atas tidak seharusnya kita telan mentah-mentah, melainkan sekadar pandangan baru, bahwa terlepas siapapun kita sekarang ini, pasti bisa menjadi pribadi yang sukses. Kita semua memiliki peluang yang sama, untuk itu jangan buang kesempatan dalam meraih kesuksesan.

10 SPESIES MAKHLUK HIDUP TERTUA YANG PERNAH DITEMUKAN DI BUMI


Semua hewan dan tumbuhan yang hidup hingga saat ini adalah makhluk-makhluk yang sudah berhasil hidup dan beradaptasi selama jutaan tahun lalu.
Bahkan sampai sekarang pun, masih ada banyak hewan-hewan prasejarah yang masih hidup. Sebut saja contohnya paus atau komodo. Dua hewan tersebut dipercaya hidup di era dinosaurus menguasai bumi Namun, terdapat 10 makhluk hidup lain yang berumur lebih tua dari dua hewan tersebut, seperti dikutip dari apakabardunia.com

10. Semut Martialis Heureka (120 juta tahun)

Walaupun termasuk salah satu hewan tertua di bumi, namun semut ini baru ditemukan oleh manusia modern pada tahun 2000 lalu di hutan hujan Amazon, dekat Manaus, Brasil.
Semut ini sempat menghebohkan peneliti karena tak ada matanya, alias buta. Jenis semut yang tanpa mata dan memiliki warna krem ini merupakan keluarga baru dari Martialinae.
Begitu anehnya semut ini hingga dijuluki “Semut dari planet Mars” atau dalam bahasa latinnya Martialis heureka (Ant from Mars) yang kemudian menjadi namanya.
Dan sangat mengagumkan, walau tanpa mata dan hanya dengan mengandalkan kedua sungut antenanya, turunan semut spesies ini dapat beradaptasi dan bisa bertahan hidup sejak lebih dari seratus juta tahun yang lalu.

9. Ikan Sturgeon (200 juta tahun)

Ikan jenis Sturgeon adalah nama umum dari 26 spesies ikan dalam keluarga Acipenseridae, termasuk genus Acipenser, Huso, Scaphirhynchus dan Pseudoscaphirhynchus.
Keluarga dari ikan bertulang tertua ini mempunyai habitat hidup di sungai, danau dan pantai sub-tropis, iklim sedang dan sub-arktik. Sturgeon dapat dijumpai di sekitar Amerika Utara.
Menurut para ahli, dulunya kemungkinan ikan ini memiliki tubuh yang besar, namun dikarenakan evolusi maka menyusut sampai dengan bentuk seperti sekarang.

8. Hewan Laut Horseshoe Shrimp (200 juta tahun)

Horseshoe Shrimp adalah satu-satunya spesies di muka bumi yang tidak mengalami evolusi atau perubahan bentuk sejak 200 tahun lalu. Dari fosil yang ditemukan dan bentuknya sekarang, hewan yang bernama latin Cephalocarida ini juga masih tetap sama.

7. Tumbuhan Ginkgo Biloba (270 juta tahun)

Spesies tunggal dari salah satu divisio anggota tumbuhan berbiji terbuka ini dapat ditemui di mana saja karena ruang hidupnya tersebar luas di seluruh dunia. Dari fosil yang pernah ditemukan dan bentuknya sekarang, Ginkgo biloba tumbuhan ini tidak mengalami perubahan sama sekali. Diperkirakan, tumbuhan ini hidup sejak periode Permian.

6. Ikan Coelacanth

Kata Coelacanth diambil dari bahasa Yunani yang berarti duri berongga. Walaupun sedikit, namun sampai sekarang ikan ini masih hidup di Indonesia, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar dan Afrika Selatan. Menurut penjelasan di Wikipedia, Coelacanth memiliki sekitar 120 spesies yang diketahui berdasarkan fosilnya.

5. Horseshoe Crab atau Belangas atau Mimi Hitam

Diyakini bahwa hewan ini mulai muncul sejak periode Ordovician atau periode Paleozoikum. Dan menurut para ahli, horseshoe crab jauh lebih mendekati keluarga kalajengking dibandingkan keluarga dari kepiting.
Selain itu, para ahli juga memberikan kesimpulan bahwa Belangas adalah hewan yang memiliki umur lebih tua daripada dinosaurus tertua. Hewan ini dapat hidup di air dan di darat.

4. Nautilus (500 juta tahun)

Nautilus disebut juga living fossil atau fosil hidup karena banyak arkeolog yang menemukan fosil hewan ini di bebatuan, namun sampai sekarang Nautilus masih dapat ditemui di perairan Indo-Pasifik.
Menurut para ahli, di era dinosaurus, hewan ini memiliki beragam varian, dikarenakan banyak faktor, sekarang ini silsilah keluarga Nautilus yang tersisa hanya cephalopoda atau cumi-cumi saja.

3. Jellyfish atau Ubur-Ubur (505 juta tahun)

Ubur-ubur adalah hewan laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa dan tergolong dalam keluarga Cnidaria atau Coelenterata. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Tercatat ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur di dunia.
Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yang ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.
Hewan ini sangat susah untuk menjadi fosil ketika mati dikarenakan tubuhnya yang tipis dan lunak. Namun, pernah ditemukan sebuah fosil yang diyakini adalah Ubur-ubur purba beberapa tahun lalu.

2. Sponge atau Porifera (580 juta tahun)

Porifera atau spons atau hewan berpori adalah sebuah filum untuk hewan multiseluler yang paling sederhana. Seperti halnya Cyanobacteria, para peneliti mempunyai asumsi bahwa Sponge adalah salah satu makhluk hidup yang ada sejak awal hewan di darat, air dan udara muncul.
Fosil Sponge tertua yang pernah ditemukan adalah berusia sekitar 540 juta tahun di sebuah batu di Australia. Sponge juga mirip Ubur-ubur yang susah untuk menjadi fosil karena karakteristik tubuhnya.

1. Cyanobacteria (3,8 miliar tahun)

Para peneliti mempunyai asumsi bahwa Cyanobacteria adalah makhluk hidup pertama yang hidup di bumi. Cyanobacteria, dikenal pula sebagai sianobakteri(a), bakteri biru-hijau, ganggang biru-hijau (Cyanophyceae), serta ganggang biru, adalah filum (atau divisi) bakteri autotrof fotosintetik.
Jejak fosilnya telah ditemukan berusia 3,8 miliar tahun. Kelompok bakteri ini sekarang adalah salah satu kelompok terbesar dan terpenting di bumi. Makhluk ini hidup di sulfur dan gas metan yang tersebar merata hampir di seluruh tempat di awal bumi terbentuk.
Walaupun kecil, namun Cyanobacteria atau ganggang biru-hijau ini merupakan salah satu kelompok terpenting dalam rantai ekosistem makhluk hidup di bumi. Cyanobacteria dapat ditemui di laut atau samudera, perairan tawar, di permukaan batu sampai di tanah.

Kesimpulan
Itulah 10 hewan paling tua yang masih hidup di Bumi hingga kini sejak ratusan juta tahun bahkan milyaran tahun lalu. Dari semua hewan tersebut, adakah dari mereka yang berevolusi hingga bentuknya berubah, bahkan jadi bentuk hewan lain? Tidak ada.
Inilah bukti nyata, dari fosilnya hingga hewannya sendiri masih dapat saling dibandingkan (compare) dan terbukti bahwa memang mereka tidak berubah menjadi spesies lain. Dan ini bukan suatu teori, ini adalah bukti bahwa makhluk hidup hanya dapat beradaptasi dan bukannya berevolusi menjadi makhluk lain.
Iya, makhluk hidup hanya beradaptasi, bukan berevolusi dari makhluk satu sel atau bersel tunggal hingga dapat menjadi trilyunan sel dengan organ yang ribet dan kompleks, seperti manusia.